Scroll to Top

Inilah Daftar Benda di Hotel yang Terkontaminasi Bakteri

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Jun 2012

hotel_cleaning

Sekalipun tiap hari kamar hotel dibersihkan oleh bagian cleaning service, ternyata tidak menjamin isi di dalamnya bersih dari kotoran, termasuk bakteri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Houston membuktikannya. Ada beberapa bagian kamar  hotel yang dijadikan objek studi ternyata masih menyisakan bakteri cukup banyak.

Peneliti menemukan, setidaknya 81 persen bakteri masih menempel pada permukaan 18 objek yang dianalisa. Sampel diambil dari 9 hotel yang ada di Texas, Indiana, dan South Carolina. Objek yang diamati seperti handuk basah, kursi toilet, kamar mandi, teve, dan sebagainya. Hasilnya, lampu dan remot teve adalah beberapa benda di hotel yang cukup banyak memiliki bakteri.

Kehadiran bakteri ini, ungkap peneliti, tidak lepas dari campur tangan petugas cleaning service dan peralatan yang dibawa mereka. Gerobak yang dibawa saat membersihkan kamar, membawa segudang bakteri yang siap dipindahkan ke berbagai permukaan benda. Media pembawa bakteri itu adalah kain pel, sarung tangan, sampai spon. Biasanya petugas memakai satu atau beberapa peralatan pembersih untuk digunakan pada banyak kamar. Inilah yang kemudian memudahkan bakteri hanya sekadar berpindah tempat dari satu kamar ke kamar lain.

Peneliti juga mengatakan, unit pembentuk koloni yang ada di hotel jumlahnya bahkan mengalahkan rumah sakit. Jika di rumah sakit untuk unit pembentuk koloni hanya dibatasi sampai maksimal di angka 5, maka rata-rata bakteri fecal di lampu hotel bisa mencapai angka 111. Sementara itu, unit pembentuk koloni  pada spons yang dipakai untuk mengelap berada hingga angka 500. Temuan ini dipresentasikan pada American Society for Microbiology.

Dikutip dari CNN Go, berikut ini daftar benda-benda di hotel yang teridentifikasi banyak memasok bakteri:

  • Kain pel
  • Saklar lampu
  • Remot teve
  • Kursi toilet
  • Bathroom sink
  • Papan di ujung kepala pada kasur
  • Tirai batang
  • Pintu kamar mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda