Scroll to Top

Sering Pipis Tengah Malam? Ini Sebabnya

By C Novita / Published on Thursday, 21 Jun 2012

sering pipis tengah malam

Tengah malam saat sedang terlelap tidur, kadang rasa ingin pipis membuat Anda terbangun. Mengganggu sekali, ya? Jika tak bangun, takutnya akan ngompol. Terpaksa dengan mata setengah melek Anda harus ke kamar kecil juga. Nah, mengapa sih rasa ingin pipis itu terjadi saat tengah malam?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang menemukan bahwa pipis yang sering terjadi tengah malam itu bukan hal yang normal. Hal itu terkait dengan gen yang ada di tubuh manusia.

Gen tersebut berfungsi mengontrol protein bernama Cx43 yang letaknya ada di sel otot kandung kemih. Karena kesalahan gen tersebut, jumlah protein Cx43 dalam kandung kemih lebih rendah dari yang seharusnya.

Akibatnya, kandung kemih tak bisa mengontrol pengeluaran urine di tengah malam, yang seharusnya tak boleh sesering di waktu siang. Tujuannya agar tubuh tak terganggu jadwal beristirahat normal manusia.

Namun, Beri Ridgeway, MD, seorang ahli uroginekologi di Cleveland Clinic mengatakan bahwa batas normal seseorang bangun tengah malam untuk pipis adalah 2 kali. Lebih dari itu, maka berarti ada masalah dalam tubuh Anda, dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu sebabnya.

Yang perlu diperhatikan adalah jika rasa ingin pipis itu datang, maka jangan ditahan agar tak terjadi infeksi saluran kemih.

Sumber Youbeauty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda