Scroll to Top

FB dan Cyber Bullying Menjadi Hidden Curriculum di Sekolah

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 21 Jun 2012

Facebook sebagai kurikulum tersembunyiFB dan cyber bullying (kekerasan di dunia maya) diharapkan bisa menjadi kurikulum tersembunyi atau hidden curiculum di sekolah. Langkah ini dinilai tepat untuk mengedukasi siswa agar lebih berhati-hati dalam beraktivitas di dunia maya.

Baik FB dan cyber bullying, kerap memakan korban. Tak hanya materi namun non materi. Facebook kerap dijadikan media dalam melakukan aksi kejahatan. Bahkan menurut survei di Inggris, setiap 40 menit sekali terjadi 1 kejahatan Facebook atau Facabook Crime.

Dengan fenomena ini, Pusat Studi Islam (PUI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, mengadakan sosialisasi dalam penggunaan jejaring sosial Facebook di beberapa daerah termasuk Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY).

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi siswa dan untuk mengurangi tingkat kekerasan di dunia maya yang terus meningkat akhir-akhir ini. Menurut Koordinator Program PSI UII Imam Samsorini, siswa menjadi objek utama akan sosialisasi ini.

“Siswa juga harus menolak apabila diberi kekerasan,” ujarnya saat memberikan sosialisasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Wonosari, seperti dikutip dari SoloPos, Kamis (21/06/12).

Masih menurutnya, tujuan sosialisasi ini bukan ingin memasukkan Facebook dalam kurikulum di sekolah. Namun hanya memomosikan FB sebagai kurikulum tersembunyi nantinya.

“Tapi lebih mengarah agar menjadi bagian dari hidden curriculum atau kurikulum tersembunyi,” imbuhnya.

Facebook sendiri menurut PSI UII sejatinya bisa dijadikan media yang sangat bermanfaat bagi siswa sekolah. Seperti penyebaran informasi beasiswa dan mengabarkan prestasi sekolah misalnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi pun menanggapi positif langkah ini. Menurutnya, munculnya banyak kasus yang dipicu dari Facebook harus mendapatkan perhatian khusus.

“Perlu dicari jalan keluar untuk penggunaan Facebook yang baik,” terang Bupati Gunungkidul tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda