cewek-tidur

Insomnia memang menyusahkan. Tubuh yang keletihan di malam hari, susah mendapatkan porsi istirahatnya lantaran mata sulit diajak kompromi untuk tidur. Jika Anda pengidap penyakit susah tidur ini, cobalah beberapa makanan di bawah ini yang berfungsi memberikan rangsangan positif untuk tidur.

  1. Kentang
    Kentang memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan tingkatan karbohidrat dalam memberikan efek terhadap kadar gula darah. Kentang merupakan umbi yang tidak menaikkan kadar gula darah terlalu tinggi. Justru, kentang dapat menghilangkan asam yang menghalangi tryptophan. Sehingga, kentang dapat merangsang tidur yang lebih baik.
  2. Pisang
    Pisang mengandung melatonin dan tryptophan. Kedua zat ini akan merangsang tubuh untuk tidur. Melatonin adalah hormon yang memberikan sinyal ke otak untuk “memerintahkan” tubuh beristirahat. Zat magnesium yang terkandung dalam pisang berfungsi sebagai perelaksasi otot yang membantu mengurangi ketegangan fisik dan stres.
  3. Susu
    Susu memiliki kandungan tryptofan yang menenangkan dan memberikan efek rileks pada tubuh. Maka, Anda bisa mengonsumsi susu untuk membuat jadwal tidur Anda lebh baik.
  4. Oatmeal
    Makanan berserat tinggi ini selain mengenyangkan,  juga dapat merangsang tubuh untuk tidur. Salah satu kandungannya adalah melatonin yang merangsang otak mengirim sinyal untuk beristirahat bagi tubuh.