Scroll to Top

Ceko vs Portugal 0-1: Semifinal Keempat Portugal di Piala Eropa

By Wan Faizal / Published on Friday, 22 Jun 2012

Portugal

Portugal akhirnya menjadi tim pertama yang meraih babak semifinal Euro 2012 setelah mengandaskan perlawanan Ceko 0-1, Jumat (22/6/12) dini hari WIB, lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo. Bagi Portugal sendiri, ini adalah kali keempat mereka mampu mencapai babak semifinal dalam sejarah Piala Eropa.

Seleccao pertama kali mencapai babak semifinal Euro pada tahun 1984. Kala itu, Euro masih terisi dua grup dimana negara di posisi dua teratas berhak melaju ke babak semifinal.

Portugal saat itu duduk di posisi kedua klasemen akhir Grup B setelah meraih empat poin. Namun di semifinal, Portugal harus menyerah 3-2 atas Prancis.

Semifinal kedua Portugal diraih di tahun 2000 setelah mengandaskan perlawanan Turki di perempat final. Sayangnya hasil kali ini tetap tak berpihak pada Portugal karena mereka lagi-lagi ditundukkan Prancis di semifinal.

Ketiga, Portugal meraihnya tahun 2004 silam di kandang sendiri. Sukses mengalahkan Inggris dalam babak adu penalti, Portugal melanjutkannya dengan menumbangkan Belanda di semifinal untuk kemudian ditaklukkan Yunani di partai puncak.

Menarik untuk ditunggu, apakah kesuksesan Portugal lolos ke babak semifinal ini akan diakhiri dengan trofi juara di akhir turnamen, mengingat lawan mereka di semifinal nanti adalah Spanyol/Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda