Scroll to Top

Penyebab Minyak Memercik Saat Menggoreng

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Jun 2012

goreng ikan

Bunyi percikan saat menggoreng sudah biasa terjadi. Sebagian orang ada juga yang punya trauma dengan suara ini. Pasalnya, percikan minyak tersebut kadang bersuara cukup nyaring dan membuat rasa panas ketika mengenai kulit. Kalau minyak yang memercik agak banyak, kadang membuat kulit melepuh. Inilah yang kadang membuat seseorang tidak mau menangani masakan yang digoreng.

Munculnya bunyi percikan dalam menggoreng punya beberapa sebab. Masuknya air ke dalam minyak, membuat terjadinya gesekan antara keduanya. Biasanya bunyi percikan segera hilang usai air yang bergesekan itu menguap.

Pada penggorengan yang melibatkan pemakaian bumbu cair, hal ini memang tidak terelakkan. Misalnya menggoreng tahu, tempe, ikan segar, ayam, dan sebagainya. Masuknya tetes air ke dalam minyak ini tidak memengaruhi rasa masakan Anda.

Di lain sisi, percikan pada minya juga terjadi kalau pada wajan atau perangkat yang dipakai untuk menggoreng terdapat kotoran. Apalagi, jika kotoran tersebut mengandung bakteri, percikan sangat mungkin terjadi. Kontaminasi bakteri juga bisa terjadi lewat udara. Bakteri terbawa angin dan masuk ke dalam minyak.

Sementara tu, faktor lainnya adalah minyak yang terlalu panas. Kalau minyak sudah melebihi 100 derajat Celcius, reaksi kimia pada minyak menimbulkan percikan-percikan. Saat suhu sudah panas, perputaran udara pada minyak berlangsung di semua bagian.

Percikan minyak ada yang terdengar lebih lembut, tapi ada pula yang suaranya cukup ekstrim. Namun, tidak perlu sampai menyurutkan niat Anda untuk menggoreng karena percikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda