Scroll to Top

Twitter Sempat Gangguan Karena Bug Atau Diserang?

By Ditya / Published on Friday, 22 Jun 2012

Logo baru Twitter

Situs microblogging populer, Twitter, sempat dikabarkan mengalami gangguan hingga menyebabkan situs ini tidak dapat diakses.

Penyebab gangguan ini masih belum jelas karena ada beberapa sumber yeng menyebutkan bahwa Twitter mengalami gangguan karena terdapat “bug”. Bug sendiri adalah istilah dalam dunia pemrograman yang berarti kesalahan pada kode-kode program.

Adapula yang menyebutkan bahwa situs microblogging ini telah terkena serangan DDoS (Distributed Denial of Service) oleh hacker,karena ada sekelompok hacker yang mengaku bertanggung jawab atas masalah yang terjadi di Twitter.

Pengakuan ini muncul dari kelompok hacker yang mengatasnamakan kelompok UGNazi yang telah melakukan serangan DDoS ke Twitter.

Twitter mulai mengalami gangguan pada pukul 11.59 waktu New York dan layanan kembali online pada pukul 13.00 dan 1 jam kemudian Twitter kembali bermasalah.

Namun berdasarkan sumber dari ArsTechnica, Twitter mengalami cascaded bug yang menyebabkan server Twitter down dan sulit diakses.

“Pemadaman hari ini disebabkan oleh bug yang mengalir pada infrastruktur kami”.

“Pengguna mungkin mengalami masalah saat mengakses Twitter. Teknisi kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah tersebut,” tulis Twitter melalui blognya.

VP Twitter, Mazen Rawashdeh, menyangkal bahwa gangguan Twitter ini disebabkan oleh serangan DDoS yang dilakukan oleh hacker.

“Kami segera memulai penyelidikan terkait masalah yang terjadi dan menemukan bahwa terdapat cascading bug pada infrastruktur kami . Ini bukan karena serangan hacker atau avatar GIF, karena beberapa pihak telah berspekulasi hari ini,” tulis Mazen Rawashdeh, VP Twitter.

Twitter tampaknya bertindak cepat dan mengatasi maslah yang terjadi sehingga situs microblogging ini dapat diakses kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda