Scroll to Top

Anak Kurang Aktif Pengaruhi Kesehatannya Saat Dewasa

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Jun 2012

anak aktif

Anak-anak yang kurang dalam melakukan aktivitas secara fisik, sama saja memiliki risiko kesehatan seperti halnya orang dewasa yang gaya hidupnya kurang gerak. Efek bagi kesehatan akan dirasakan setelah anak-anak menginjak usia dewasa. Demikian menurut penelitian dari University of Strathclyde dan University of Newcastle yang dipublikasikan jurnal PLoS One.

Peneliti mendapati, anak-anak yang terlalu sibuk dengan aktivitas belajar mengajar. Sampai-sampai, anak-anak usia 8-10 tahun melewati hari untuk bermain dan aktif secara fisik hanya 20 menit per hari. Ditemukan pula jika anak lelaki jauh lebih aktif dibanding yang wanita. Idealnya, anak-anak seharusnya bisa mendapatkan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari. Ini membantunya untuk tetap sehat dan bugar.

Dalam penelitian ini, dilibatkan 508 siswa yang masih duduk di sekolah dasar. Mereka ini diamati kegiatan yang melibatkan fisiknya selama kurun satu minggu. Dan, ternyata, hasilnya adalah mereka cukup minim dalam beraktivitas secara fisik, baik tingkat ringan atau berat. Dari seluruh waktu mereka, hanya ada empat persen waktu yang dipakai untuk beraktivitas fisik. Itu di luar jam tidur malam.

“Aktivitas (fisik) menurun di usia remaja dan jika tingkatnya sudah serendah ini di usia delapan tahun, maka tidak akan ada banyak perubahan,” kata Dr Mark Pearce, dari Universitas Newcastle, seperti dikutip BBC.

Peneliti menyarankan, perlu adanya intervensi dari orang tua agar anak bisa aktif secara fisik. Menjauhkan anak dari acara teve dan membuat aktivitas fisik menjadi sesuatu yang menyenangkan, mungkin bisa dijadikan saran agar anak lebih sehat fisik dan mentalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda