Scroll to Top

Biaya Charging iPad Selama Setahun Cuma Butuh 1 Dollar

By Baihaki / Published on Saturday, 23 Jun 2012

ipad charging

Pada awal peluncurannya, new iPad atau yang juga dikenal sebagai Apple iPad 3 menerima banyak kritikan perihal baterai. Namun, dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Electric Power Research Institute (EPRI) membuktikan bahwa biaya untuk charging iPad terbaru tersebut tidaklah mahal. Mereka mengatakan bahwa dalam setahun, pemilik iPad hanya butuh uang sebesar $1.36 USD untuk membayar listrik bagi iPad mereka.

Dikutip dari Softpedia, iPad membutuhkan kurang dari 12 kWh listrik per harinya. Hal ini jika Anda menginginkan tablet Apple milik Anda tersebut selalu dalam kondisi baterai penuh.

EPRI juga membandingkan tingkat konsumsi energi iPad dengan sebuah TV plasma berukuran 42 inci. Hasilnya, satu unit TV plasma 42 inci membutuhkan daya sebesar 358 kWh per tahun. Dan, EPRI memperkirakan bahwa 63 juta unit iPad yang kini ada di pasaran total menghabiskan energi sebesar 590 GWh.

“Dalam sebuah skenario di mana jumlah iPad dalam dua tahun ke depan, maka energi yang dibutuhkan akan sebanding dengan kinerja 50 persen dua power plant 50 MW,” jelas EPRI.

Mark McGranaghan yang merupakan Vice President of Power Delivery and Utilization EPRI mengatakan bahwa pengetahuan akan teknologi yang berkembang harus dibarengi dengan pengetahuan akan implikasi konsumsi energi. Dan, dengan hasil studi EPRI tersebut McGranaghan mengatakan sebaiknya para konsumen lebih memilih sebuah perangkat mobile dibandingkan sebuah komputer desktop.

Dalam survei yang sama, EPRI juga menemukan biaya listrik yang harus dikeluarkan para pengguna iPhone. Mereka mengatakan bahwa sebuah iPhone 3G mengkonsumsi tak kurang 2.2 kWh listrik per tahunnya. Dan, biaya yang dikeluarkan adalah sebesar $0.25 USD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda