Scroll to Top

Youtube Diperkirakan Raup Keuntungan $3.6 Miliar USD

By Baihaki / Published on Saturday, 23 Jun 2012

logo youtube

Google diperkirakan memperoleh miliaran USD dari situs video sharing Youtube. Seorang analis bernama Mark Mahaney memperkirakan bahwa pada tahun 2012 ini Youtube bakal memperoleh keuntungan kotor lebih dari $3.6 miliar USD. Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dibandingkan dengan prediksi Mahaney mengenai keuntungan Youtube pada tahun 2011.

Pendapatan tersebut, ujar Mahaney, berasal dari pemasukan periklanan. Selanjutnya, dia mengatakan bahwa sebesar $1.2 miliar USD akan meluncur ke partner Google. Dengan begitu, maka Mahaney memperkirakan bahwa keuntungan bersih yang diterima oleh Youtube sebesar $2.4 miliar USD. Sebelumnya, analis ini memperkirakan bahwa keuntungan bersih yang diterima oleh Google dari Youtube sebesar $1.7 miliar USD.

Perkiraan keuntungan Youtube ini terbilang sangat besar. Bahkan, jika dibandingkan dengan pendapatan Yahoo dari iklan, pendapatan iklan dari Youtube tersebut memiliki jumlah 50 persen lebih banyak. Dan, perkiraan keuntungan ini sebanding dengan pendapatan keseluruhan Netflix.

Pihak Google sendiri tidak mengumumkan berapa pendapatan yang mereka peroleh dari Youtube. Namun, pendapatan besar tersebut diperkirakan merupakan imbas positif berkat adanya penyematan iklan pada video Youtube.

Tentu saja perkiraan dari Mahaney ini tidak akurat 100 persen. Namun yang pasti, saat ini Google tengah berupaya menjadikan Youtube sebagai situs yang sangat populer. Dan, saat ini total jutaan pengguna internet dari seluruh penjuru dunia. Dan, baru – baru ini Google mengumumkan bahwa Youtube akan menyiarkan pertandingan Olimpiade London 2012 untuk negara di Asia dan Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda