Scroll to Top

Jenis Makanan Untuk Memperbaiki Bad Mood

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 23 Jul 2011

cewek-makanTidak selamanya mood selalu dalam kondisi baik. Kadang reaksi emosional membuat mood menjadi buruk. Stres, bosan, marah, dan sebagainya merupakan ekspresi  yang wajar dialami orang. Namun, Anda juga bisa menjaga mood agar selalu baik dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

  • Makanan saat depresi

Depresi kadang ditandai dengan tegang di leher dan serasa kencang di kepala. Namun, depresi lebih parah dari sekedar pengaruh otot yang tegang. Anda bisa mengurangi depresi ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 yang sering didapati pada lemak ikan. Beberapa jenis ikan bisa dimakan, seperti salmon, herring, dan tuna.

  • Makanan saat bosan

Anda bisa minum kopi saat bosan menghampiri. Dalam waktu setengah jam, secangkir kopi dapat menenangkan sistem syaraf Anda dan mengembalikan konsentrasi. Anda juga jadi lebih waspada. Ini merupakan efek kafein dalam kopi. Tapi ingat, jangan sampai menjadi kebiasaan mengandalkan kopi untuk memperbaiki mood. Maksimal tiga cangkir kopi dalam sehari itu sudah cukup.

  • Makanan ketika marah

Penyebab marah beragam. Kurang tidur, kualitas tidur yang buruk, dan badan lelah menjedi beberapa pemicunya. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung mineral tembaga. Mineral ini dapat memberikan dukungan bagi tubuh agar Anda beristirahat. Contohnya adalah  makanan dari daging ayam, pisang, dan alpukat.

  • Makanan saat terlalu lelah

Jika tubuh Anda terforsir dengan kegiatan yang cukup melelahkan, maka Anda perlu makanan yang mengandung zat besi. Namun jika rasa lelah itu menghantui kehidupan Anda sehari-hari, barangkali Anda mengalami anemia atau kekurangan darah. Periksalah catatan kesehatan Anda untuk memastikan itu.

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran memiliki zat besi namun sulit untuk diserap. Untuk mencukupinya, Anda bisa makan udang, daging sapi tanpa lemak, ikan, atau daging kalkun. Protein dari hewank memiliki lebih banyak zat besi yang mudah diserap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda