Share

Bhinneka

Nama Bhinneka mungkin sudah tidak asing laigi bagi Anda yang kerap belanja melalui toko online. Bhinneka ini adalah salah satu toko online komputer dan elektronik terbesar di Indonesia.

Toko online yang dirintis sejak tahun 1999 oleh Hendrik Tio ini mengusung nama yang khas Indonesia yang merupakan salah satu kata dari semboyan tanah air, Bhinneka Tunggal Ika.

Siapa yang tahu bahwa toko online sebesar Bhinneka ini awalnya dibangun hanya dengan modal Rp. 100 juta dan kini telah tumbuh menjadi salah satu toko online terbesar di Indonesia dengan omzet mencapai 60 miliar setahun.

Bhinneka masuk dalam jajaran 100 besar website di Indonesia dengan jumlah pengunjung hingga 50 ribu pengunjung per hari serta menduduki ranking 79 di Alexa.

Berbeda dengan toko online kebanyakan, Bhinneka memiliki 10 toko offline atau toko fisik yang bisa dikunjungi dan melakukan transaksi konvensional seperti biasa.

Tampilan dan Navigasi

Saat pengunjung mengakses situs toko online Bhinneka, maka akan disambut halaman web yang didominasi warna hijau dengan deretan kategori produk dan aneka banner promo.

Menurut penilaian Sidomi, tampilan toko online Bhinneka ini terlalu ramai, meski hampir tidak ada iklan semacam AdSense dan sebagainya, namun banner promo Bhinneka ini cukup banyak meski tidak terlalu mengganggu.

Bagian paling atas terdapat berbagai fasilitas toko seperti layanan support dan sebagainya, sememntara itu dibawahnya terdapat search bar dan deretan kategori barang yang dijual.

Produk yang Dijual

Apa saja yang dijual toko online Bhinneka? Sebagian besar barang yang dijual oleh toko online Bhinneka ini adalah periperal komputer, notebook, gadget dan barang elektronik.

Secara umum, toko online Bhinneka mengkategorikan produk yang dijualnya menjadi 9 kategori besar dan didalamnya masih ada subkategori untuk memudahkan konsumen memilih barang yang ingin dibelinya.

  • Computer, terdiri dari berbagai jenis komputer dan server branded atau built-up.
  • Component, terdiri dari berbagai periperal dan aksesoris komputer seperi hardisk, VGA card dan motherboard.
  • Gadget, terdiri dari gadget portabel seperti ponsel, smartphone, memory card dan MP3 Player.
  • Photography, terdiri dari berbagai peralatan fotografi seperti kamera, lensa, tripod dan berbagai aksesoris untuk keperluan fotografi.
  • Networking, terdiri dari berbagai produk untuk keperluan jaringan seperti router, IP camera dan Firewall.
  • Software, terdiri dari produk perangkat lunak seperti Windows, Office dan perangkat lunak lainnya.
  • Large Printer, terdiri dari berbagai macam printer yang yang digunakan untuk keperluan industri atau percetakan.
  • Office & Science, terdiri dari perlengkapan kantor seperti mesin ketik, printer dot matrik, deskjet dan scanner.
  • Home Electronic, terdiri dari berbagai perlengkapan elektronik rumahan seperti kulkas, TV, mesin cuci dan vacuum cleaner.

Cara Pembayaran

Toko online Bhinneka melayani berbagai metode pembayaran untuk kenyamanan pengguna. Toko terbesar di Indonesia ini melayani pembayaran melalui metode transfer bank, e-banking, kartu kredit hingga COD (Cash on Delivery).

Metode pembayaran secara COD (Cash on Delivery) ini hanya dilayani untuk area Jabotabek saja.

Pelayanan

Toko online Bhinneka menyediakan berbagai fitur layanan untuk kenyamanan dan keamanan konsumen. Selain menyediakan nomor telepon layanan konsumen, Bhinneka juga menyediakan layanan Chat dengan bagian marketing.

Layaknya toko online, Bhinneka juga menyediakan fasilitas troli belanja atau shopping chart untuk memudahkan konsumen yang membeli banyak barang dalam waktu yang bersamaan.

Diluar berbagai fitur dan layanan konsumen yang lengkap, Bhinneka juga menyediakan review produk dari editor maupun dari konsumen untuk memudahkan konsumen memilih barang.

Tak hanya itu, Bhinneka juga menghadirkan berita-berita baru terkait teknologi dan gadget melalui halaman Bhinneka Post.