Scroll to Top

Iklan Tampil Di Situs Zynga, Facebook Mulai Saingi Google Adsense?

By Ditya / Published on Sunday, 24 Jun 2012

Iklan Facebook Zynga

Raksasa jejaring sosial Facebook dikabarkan melakukan ekspansi layanan iklan dengan membangun jaringan iklan eksternal atau iklan diluar situs Facebook, hal ini terbukti dengan munculnya iklan Facebook di situs Zynga.

Kemunculan layanan iklan eksternal Facebook ini disinyalir akan menjadi pesaing baru jaringan iklan raksasa milik Google, AdSense. Tak hanya Google AdSense saja yang tersaingi, tapi layanan iklan lain seperti AdBrite, Clicksor dan Tribalfusion juga akan mendapat lawan baru.

“Orang sekarang mungkin melihat iklan dan sponsored stories dari Facebook di situs Zynga. Kami tidak membagikan informasi tentang orang atau pengiklan dengan Zynga dan pengiklan tidak memiliki penargetan tertentu,” pernyataan Facebook pada VentureBeat.

Iklan Facebook muncul ketika pengguna login di situs Zynga menggunakan akun Facebook. Iklan akan muncul di sudut kanan bawah situs Zynga.

Facebook dan Zynga sebelumnya telaah sepakat mengenai kerjasama untuk membangun iklan eksternal. Munculnya iklan ini adalah sebagai tindak lanjut dari kesepakatan yang telah dibuat oleh Facebook dan Zynga.

Kemunculan iklan ini akan menjadi kesempatan besar Facebook untuk meningkatkan pendapatan dan bersaing dengan Google AdSense dan AdWords. Kabarnya, Facebook juga akan menyaingi mesin pencari Google di masa depan.

Tak bisa dipungkiri bahwa pendapatan Facebook dan Google sebagian besar berasal dari iklan dan hal inilah yang mendorong Facebook untuk memperluas layanan iklannya.

Tahun lalu, Google merambah wilayah jejaring sosial dengan mluncurkan jejaring sosial Google+ dan menjadi pesaing Facebook. Kini giliran Facebook merambah jaringan iklan untuk bersaing dengan Google AdSense dan AdWords.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat, rencana Facebook untuk menyaingi mesin pencari Google masih misteri yang belum terungkap, namun langkah Facebook ini akan membuka persaingan yang lebih luas dengan Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda