Scroll to Top

Adium, Software Chatting Paling Populer Di Mac OSX

By Ditya / Published on Sunday, 24 Jun 2012

Adium

Pengguna Mac OSX tentu tidak asing lagi dengan software chatting paling populer di Mac OSX, Adium yang mendukung berbagai protokol instant message seperti Yahoo Messenger, Windows Live, AIM dan sebagainya.

Adium awalnya dikembangkan oleh Adam Iser dan pertama kali diluncurkan pada September 2001 dengan mengusung versi Adium 1.0 dan saat itu hanya mendukung protokol chatting AIM.

Software Adium ini kini menjadi software chatting open source yang dikembangkan mengkolaborasikan Cocoa API (Application Programming Interface) milik Mac OSX dengan dukungan berbagai layanan instant messaging melalui library milik Pidgin, libpurple.

Saat ini Adium menjadi primadona di kalangan pengguna Mac OSX diberbagai belahan dunia karena kemudahan dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Tampilan Antarmuka

tampilan Adium

Secara umum tampilan Adium ini cukup sederhana dan sangat mudah digunakan. Penggunaan Cocoa API membuat tampilan software Adium ini begitu menyatu dengan Mac OSX.

Meski tampil sederhana, tampilan Adium ini fully customizable, semua yang berhubungan dengan tampilan dapat diganti-ganti sesuai selera. Mulai dari icon Dock, emoticon, contact list, message style hingga status icon dapat diganti melalui menu preference.

Pengguna juga dapat menambah koleksi style Adium melalui Adium Extras yang dapat diakses melalui menubar yang akan memandu pengguna menuju situs Adium Extras.

Fitur dan Dukungan

Adium mendukung banyak sekali protokol instant messaging seperti Yahoo Messenger, Windows Live, ICQ, AIM, Facebook Chat, Gadu-Gadu, Jabber, Google Talk, IRC (Internet Relay Chat) dan banyak lagi dengan total hingga 19 protokol instant messaging.

Software ini juga mendukung layanan microblogging Twitter, sehingga pengguna tidak perlu lagi menjalankan banyak software untuk ngetweet dan online di berbagai layanan chatting.

Saat ini Adium versi terbaru telah mencapai versi Adium 1.5.1 untuk Mac OSX 10.6.8 Snow Leopard atau lebih baru. Anda menggunakan Mac OSX 10. 5 Leopard atau malah Tiger? Tenang Adium juga menyediakan versi lawas untuk mendukung Mac versi lama.

Anda penasaran ingin mencoba software Adium? Silahkan download disini, aplikasi Adium bersifat open source dan gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda