Scroll to Top

Inggris vs Italia: Inggris Lebih Efektif Dalam Memanfaatkan Peluang

By Wan Faizal / Published on Sunday, 24 Jun 2012

Gol Andy Carroll, Swedia vs Inggris

Baik Inggris maupun Italia, sejak dulu dikenal sebagai dua tim dengan serangan yang cukup menakutkan, termasuk di gelaran Euro 2012 ini. Keberadaan striker dan gelandang papan atas yang bisa menunjang serangan kedua kubu menjadi faktor pendukungnya. Namun, diantara keduanya, siapa yang paling efektif dalam memanfaatkan peluang menjadi gol?

Inggris ternyata keluar sebagai pemenangnya jika melihat dari kriteria yang ada. Dalam tiga laga fase grup, Danny Welbeck dkk hanya butuh 15 tembakan ke gawang untuk bisa mencetak lima gol, atau persentasenya mencapai 33%

Saat versus Prancis, Inggris hanya mampu mencetak 1 shot on goal. Namun jumlah itu sudah cukup untuk memaksa Prancis bermain imbang. Sementara saat mengalahkan Swedia, Inggris butuh sembilan tembakan untuk mencetak tiga gol. Saat mengalahkan Ukraina, pasukan Roy Hodgson butuh lima tembakan untuk menghasilkan satu gol yang dicetak Wayne Rooney.

Bandingkan dengan Italia. Dalam tiga pertandingan, Andrea Pirlo dkk butuh sampai 30 kali tembakan ke gawang untuk sekedar mencetak empat gol saja, atau sekitar 13%!

Italia paling “boros” saat versus Irlandia. Saat itu untuk mencetak dua gol, Italia sampai menghasilkan 17 shots on goal. Sedangkan ketika melawan Spanyol dan Kroasia, Italia butuh enam dan tujuh tembakan ke gawang untuk mencetak masing-masing satu gol.

Jika dilihat dari fakta tersebut, apakah berarti Inggris akan lebih mudah dalam menjebol gawang Italia dan melenggang mulus ke semifinal??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda