Scroll to Top

Hasil F1 GP Valencia Eropa : Fernando Alonso Fantastis!

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 25 Jun 2012

Fernando-Alonso-Ferrari-Valencia-2012

Meski harus memulai lomba dari posisi ke-11, Fernando Alonso pada akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang F1 GP Valencia Eropa yang dipenuhi oleh drama dari dalam lintasan.

Tanda-tanda kemenangan sudah terlihat bagi Alonso ketika Sebastian Vettel yang sempat mendominasi hingga separuh jalannya perlombaan harus menerima kenyataan pahit gagal finis akibat mengalami kerusakan pada mobilnya.

Tidak lama setelah itu, Romain Grosjean yang sedang dalam posisi menekan Alonso, juga mendapat kesialan setelah mobilnya mengalami kerusakan pada alternator yang membuatnya mengikuti jejak Vettel dibarisan pembalap gagal finis.

Puncaknya ketika Lewis Hamilton harus pula menerima kenyataan gagal finis pada saat lomba tinggal menyisakan satu putaran karena bersenggolan dengan Pastor Maldonado.

Dibalik kesialan-kesialan yang menimpa lawan-lawannya tersebut, penampilan Alonso sendiri pada lomba kali ini begitu impresif. Ia yang memulai lomba dari posisi ke-11 mampu melesat ke posisi delapan selepas tikungan pertama pada putaran pertama.

Setelah itu, Alonso dengan meyakinkan melewati pembalap-pembalap di depannya. Dimulai dari Nico Hulkenberg, Pastor Maldonado, lalu kemudian Kimi Raikkonen dan Kamui Kobayashi yang memanfaatkan strategi pit stop cepat ala Ferrari.

Belum berhenti sampai disitu, Alonso kemudian memanfaatkan kesalahan pada pit stop Hamilton untuk berada di posisi ketiga saat Safety Car keluar mengamankan jalannya lomba dari serpihan-serpihan bekas insiden antara Jean Eric Vergne dan Heikki Kovalainen.

Saat lomba dimulai kembali, Alonso berhasil menyalip Grosjean dari luar untuk mengklaim posisi kedua. Tidak lama setelah itu kerusakan mobil yang diterima oleh Vettel membuat Alonso tanpa bersusah payah mengambil alih pimpinan lomba.

Hingga lomba berakhir Alonso tetap berada di posisi terdepan untuk mengklaim kemenangan keduanya di musim 2012 sekaligus menghentikan rekor sejarah musim terketat F1 dengan tujuh pemenang berbeda dari tujuh seri awal.

Sukses Alonso dan Ferrari diikuti mantan pembalap Ferrari lainnya, yakni Kimi Raikkonen di posisi kedua dan Michael Schumacher di posisi ketiga.

Bagi Schumacher, ini merupakan podium perdanannya saat ia memutuskan untuk kembali membalap setelah sempat menyatakan diri pensiun di tahun 2006.

Hasil tidak kalah fantastis juga diraih Mark Webber. Setelah memulai lomba dari posisi ke-19, Webber mampu finis  di posisi empat pada akhir lomba. Nico Hulkenberg dari Force India menyusul di posisi kelima.

Posisi keenam dihuni oleh Nico Rosberg diikuti oleh Paul di Resta dan Jenson Button di posisi ketujuh dan kedelapan secara berurutan. Sementara itu Sergio Perez dan Pastor Maldonado melengkapi posisi sepuluh besar lomba.

Hasil F1 GP Valencia Eropa :

  1.  Alonso Ferrari 1h44:16.449
  2.  Raikkonen Lotus-Renault + 6.421
  3.  Schumacher Mercedes + 12.639
  4.  Webber Red Bull-Renault + 13.628
  5.  Hulkenberg Force India-Mercedes + 19.993
  6.  Rosberg Mercedes + 21.176
  7.  Di Resta Force India-Mercedes + 22.866
  8.  Button McLaren-Mercedes + 24.653
  9.  Perez Sauber-Ferrari + 27.777
  10.  Maldonado Williams-Renault + 34.653
  11.  Senna Williams-Renault + 35.961
  12.  Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 37.041
  13.  Petrov Caterham-Renault + 1:15.871
  14.  Kovalainen Caterham-Renault + 1:34.654
  15.  Pic Marussia-Cosworth + 1:36.551
  16.  Massa Ferrari + 1 lap
  17. De la Rosa HRT-Cosworth + 1 lap
  18. Karthikeyan HRT-Cosworth + 1 lap
  19. Hamilton McLaren-Mercedes + 2 laps

Retirements :

  • Grosjean Lotus-Renault 41
  • Vettel Red Bull-Renault 34
  • Kobayashi Sauber-Ferrari 34
  • Vergne Toro Rosso-Ferrari 27
  • Glock Marussia-Cosworth 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda