Scroll to Top

RIM Bakal Pecah Kongsi?

By Baihaki / Published on Monday, 25 Jun 2012

logo RIM

Research in Motion (RIM) dikabarkan baru saja melakukan kerja sama dengan JP Morgan dan RBC Capital untuk mencari sebuah langkah yang strategis. Dalam kabar yang diperoleh dari Reuters dan dikutip Ubergizmo tersebut, RIM disarankan untuk memecah struktur bisnisnya menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah divisi handset dan bagian kedua adalah divisi messaging network.

Langkah ini terlihat cukup rasional. Terlebih, yang menjadi keuntungan paling utama dari handset BlackBerry adalah dalam hal messaging-nya. Dengan memisahkan divisi messaging secara tersendiri, maka kemungkinan divisi ini akan dapat berkembang lebih positif, namun tak menutup kemungkinan juga dijual.

Mengenai kemungkinan penjualan divisi handset, kepada Microsoft misalnya, dinilai oleh kedua lembaga finansial tersebut. Mereka mengatakan, kalau toh Microsoft ingin membuat sebuah smartphone, hal tersebut merupakan langkah yang sangat mudah dan tak perlu repot-repot membeli divisi handset RIM. Hal tersebut terbuki dengan kemunculan tablet Surface Microsoft. Untuk permasalahan hardware, Microsoft bisa dengan mudah mengajak rekan-rekan bisnisnya. Sedangkan untuk masalah software, perusahan yang satu ini tentu tak mengalami kesulitan.

Meskipun begitu, sebenarnya terdapat opsi utama yang bisa tetap membuat RIM menjadi sebuah perusahaan utuh. Solusi tersebut adalah menyukseskan BlackBerry 10 OS. Hal ini mungkin terdengar sebagai langkah yang mudah. Namun, dengan semakin tingginya persaingan, hal ini tidaklah semudah membalikkan tangan. Dan, dengan platform baru ini yang tetap bersatu dengan divisi messaging, RIM memiliki kemungkinan untuk tetap bersaing dengan desain keyboard fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda