Scroll to Top

Kondisi Bingung Bisa Bikin Orang Belajar Lebih Baik

By Ilham Choirul / Published on Monday, 25 Jun 2012

bingung

Galau atau bingung itu hal biasa. Setiap orang yang tidak tahu mesti melakukan sesuatu, biasanya dipenuhi rasa bingung di kepalanya. Tapi, tahukah Anda? Orang yang mempu mengambil sisi positif dari rasa bingung ini akan membuatnya untuk mampu belajar dari informasi yang cukup kompleks. Bagi para siswa yang kerap mengalami kebingungan dalam memahami berbagai pelajaran, mengarahkan mereka secara positif bisa membantu untuk lebih cerdas.

Hal ini tergambar dalam studi yang dilakukan Sidney D’Mello dan timnya dari University of Notre Dame. Dalam studi itu, kebingungan yang diinduksi dengan benar dan secara efektif dikelola cara mencari solusinya, lebih sering berhasil dengan pemecahan masalah secara tuntas.

“Kami telah menyelidiki hubungan antara emosi dan proses pembelajaran selama hampir satu dekade, dan menemukan bahwa kebingungan dapat bermanfaat untuk media belajar jika diatur secara tepat. Karena,  dapat menyebabkan peserta didik untuk memroses bahan lebih dalam untuk menyelesaikan kebingungan mereka,” kata D’Mello.

Hanya saja, D’Mello tidak menyarankan membuat siswa menjadi bingung dengan cara disengaja. Kalau memang suatu masalah dan solusinya bisa dipahamkan pada siswa, sebaiknya disampaikan dengan tuntas. Jika siswa setelah itu mengalami kebingungan, baru kemudian diarahkan untuk mau mendalami masalah dan mencari solusinya dengan benar agar mereka tidak putus asa.

D’Mello menyebut ini sebagai kebingungan yang produktif. Kebingungan produktif membuat seseorang tidak mudah menyerah dan selalu bangkit dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, orang juga akan belajar membedakan mana saja perangkat yang benar dan salah yang bisa dipakai untuk membuat solusi masalah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda