Scroll to Top

FB Bullying, Bagaimana Melindungi Anak dari Kekerasan Facebook

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Jun 2012

FB Bullying

Bagaimana melindungi anak dari kekerasan Facebook? FB bullying mengintai siapa saja termasuk anak-anak. Kita sebagai orangtua wajib melindungi buah hati dari ancaman kekerasan jejaring sosial semiliar umat ini.

Beberapa waktu lalu Facebook berencana untuk memberikan akses pada pengguna dibawah usia 13 tahun. Meski dibilang mengandung kontroversi, Facebook akan tetap melakukan langkah ini demi memudahkan mereka dalam mengakses FB.

Lantas bilamana Facebook benar-benar memberlakukan kebijakannya tersebut, apa yang harus dilakukan oleh para orangtua? Langkah pertama adalah monitoring. Awasi mereka dan Anda tak akan melanggar privasi anak-anak.

“Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memonitor. Awasi mereka dengan seksama dan Anda memiliki hak untuk melakukannya sebagai orangtua,” ujar Dr Michele Borba, psikolog keluarga, anak, dan remaja, seperti dikutip dari HollywoodLife.com, Senin (25/06/12).

Dr Michele Borba menambahkan para orangtua harus memahami bagaimana dunia jejaring sosial khususnya Facebook dan Twitter sebelum memantau anak mereka. Orangtua harus selangkah lebih maju dalam memahami bagaimana jejaring sosial itu.

Menurut Dr Michele Borba, rata-rata orangtua memiliki anak-anak pada usia 11 tahun. Dan di rentan usia tersebut anak akan memiliki ketertarikan terhadap internet khususnya media sosial. Lantas apa lagi yang harus dilakukan selain monitoring?

“Periksa secara berkala dan katakan pada anak Anda jika mereka akan dipantau. Dengan demikian Anda akan mengawasi buah hati dalam suasana yang berbeda. Ingat memantau bukan memata-matai,” pungkas Dr Michele Borba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda