Scroll to Top

Bukan Empat Mata Kena Sanksi Karena Cherry Belle?

By Ria Tanisa / Published on Monday, 25 Jun 2012

Chibi

Acara talkshow ‘Bukan Empat Mata’ yang ditayangkan oleh stasiun TV Trans7 mendapatkan sanksi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sanksi ini terkait tayangan pada tanggal 16 Mei 2012 yang menghadirkan bintang tamu para personel girlband Cherry Belle alias Chibi.

Dalam adegan tersebut, Chibi ditanya mengenai lagu favorit mereka. Saat giliran Angel, dia menjawab lagu ciptaan WR Supratman yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil tertawa dan disertai beberapa celetukan. Penonton juga turut bernyanyi sambil bertepuk tangan. Selain itu, pembawa acara juga memotong lagu tersebut sebelum selesai dinyanyikan.

Adegan tersebut jelas tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu Undang-Undang No.24 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1958. Pelanggaran pun dikategorikan sebagai pelanggaran atas penggunaan dan tatacara penggunaan lagu kebangsaan.

Atas pelanggaran tersebut, ‘Bukan Empat Mata’ dikenai sanksi administratif dari KPI berupa pengurangan durasi tayang selama tiga hari berturut-turut.

“Ini menjadi pembelajaran sebagai rakyat Indonesia. Kami mengharapkan media memulai sebagai yang menghormati Negara. Sebagai pembelajaran ke depan, semoga tidak diulangi secara ekstrem ke depannya,” jelas Mochamad Riyanto, ketua KPI, beberapa waktu lalu seperti dikutip laman kapanlagi.

Pihak Trans 7 sendiri mengatakan jika kejadian ini menjadi bahan introspeksi internal dan menjaga faktor eksternal seperti bintang tamu. Mereka pun bersedia untuk minta maaf secara terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda