Scroll to Top

Dalam 1,5 Bulan, Sky City One Akan Jadi Bangunan Tertinggi Dunia

By Ilham Choirul / Published on Monday, 25 Jun 2012

gedung tinggi

Entah apa motivasi sebenarnya, sebuah bangunan tertinggi segera hadir lagi di dunia ini. Kali ini, bangunan tinggi yang diberi nama Sky City One diperkirakan akan selesai dalam 90 hari di China. Dan, dengan waktu sesingkat itu, tingginya diklaim bakal memecahkan rekor dengan menggeser ketinggian bangunan Burj Khalifa yang saat ini dikenal sebagai bangunan tertinggi di dunia. Sebab, Sky City One dibuat hingga ketinggian 2.750 kaki.

Ini memang proyek yang ambisius  dan terencana secara matang. Rencananya, Sky City One dibangun pada tanah seluas 10.800.000 meter persegi.  Biayanya diperkirakan akan memakan US$ 628 juta. Angka jauh lebih rendah dibandingkan dengan alokasi dana Burj Khalifa yang sebesar US$ 1,5 miliar. Gedung ini dirancang tahan terhadap gempa. Pada prototipe yang sudah dirancang, kemampuannya menahan gempa hingga kekuatan 9 SR.

Sementara itu, gedung ini bakal memiliki 220 lantai. Tiap lantai bisa diakses dengan 104 lift yang bakal disediakan oleh pihak pengemban. Penggunaan energi di bangunan ini juga diklaim lebih hemat. Pasalnya, hanya akan memakai seperlima energi dari energi yang dipakai bangunan pencakar langit pada umumnya.

Sky One City ditangani oleh kontraktor yang reputasinya tidak diragukan lagi, yaitu China Broad Group. Kontraktor ini sebelumnya berhasil mendirikan bangunan New Ark Hotel di Changsha, Cina, hanya dalam waktu satu minggu. Konsep membangun cepat yang diberi nama broad sustainable building, juga telah mampu merampungkan bangunan paviliun berlantai enam dalam satu pekan.

Pihak berwenang China yakin proyek tersebut bakal sukses terealisasi. Dari yang dijadwalkan dimulai November tahun ini, akan selesai pada Januari 2013. Tunggu saja kehadirannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda