Scroll to Top

Kemampuan Otak Menurun Jika Keseringan Nonton Teve

By Ilham Choirul / Published on Monday, 25 Jun 2012

nonton teve

Sebaiknya kurangi jatah waktu Anda untuk menonton teve. Aktivitas ini sangat tidak baik untuk kesehatan otak jika terlalu sering dilakukan. Pasalnya, otak bisa makin melemah dan kemampuannya ikut menurun seiring dengan lamanya frekuensi melihat teve. Sementara itu, dalam sebuah penelitian, menonton teve terlalu lama juga menjadi salah satu faktor pemicu kegemukan.

Aktivitas menonton teve membuat otak cenderung stagnan. Kerja otak tidak terlalu aktif seperti halnya pekerjaan yang membuat orang lebih banyak berpikir seperti membaca, menulis, dan sebagainya. Menonton teve membuat pelakunya hanya berhubungan satu arah dan kurang terangsang otaknya.

“Pada saat menonton televisi, otak kurang terstimulasi bahkan terkadang tidak terolah dengan baik,” kata Dr. Roul Sibarani, Sp.S, ahli saraf dari Rumah Sakit MRCCC Siloam, seperti dikutip Antara.

Otak sebenarnya punya cara kerja yang luar biasa. Dia bisa menjadi tempat berpikir, menganalisa, hingga sebagai penyimpan memori dengan kapasitas yang sangat besar.

Namun, kalau seseorang hanya menghabiskan sebagian besar waktu dengan lebih sering menonton teve, maka otaknya hanya akan bekerja sebagai fungsi penyimpan memori. Sementara itu, jika kemampuan otak lainnya tidak distimulasi, maka kerjanya akan semakin tumpul. Akibatnya, bukan tidak mungkin seseorang lebih cepat untuk mengalami penurunan kemampuan kognitif.

Oleh karena itu, kata Roul, banyak ditemukan kasus orang yang gemar melihat teve biasanya mengalami penurunan kognitif lebih cepat. Apalagi, jika aktivitasnya itu tidak dibarengi kegiatan lain yang dapat meningkatkan kemampuan otak, risiko penurunan menjadi besar. Jadi, usahakan melakukan aktivitas otak  yang seimbang kalau Anda memang penggemar banyak acara teve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda