Scroll to Top

F1 : Red Bull Tuduh Pengawas Lomba Terlibat Konspirasi

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 25 Jun 2012

sebastian-vettel-Valencia 2012

Kekalahan menyesakkan yang diderita oleh Sebastian Vettel pada lanjutan seri ke-8 F1 musim 2012 di Valencia Spanyol disebut-sebut terjadi akibat adanya konspirasi dari tim pengawas lomba.

Hal itu diungkapkan langsung oleh juara dunia dua kali termuda di F1 tersebut yang kemudian didukung oleh pendapat dari konsultan pembalap Red Bull, Helmut Marko.

Vettel mengatakan bahwa keputusan pengawas lomba memasukkan safety car demi membersihkan serpihan-serpihan sisa insiden antara Jean Eric Vergne dan Heikki Kovalainen adalah salah.

Sebab Vettel berpendapat bahwa serpihan-serpihan tersebut tidaklah mengganggu sehingga safety car tidak perlu sampai masuk ke lintasan untuk mengamankan lomba.

Akibat dari masuknya safety car dipertengahan lomba, Vettel harus kehilangan jarak 40 detik yang ia bangun sejak awal hingga pertengahan lomba dari Romain Grosjean.

Lebih parahnya, Ia juga harus kehilangan kemenangan yang sudah didepan mata akibat kerusakan terminal yang terjadi pada kendaraannya. Vettel yang kesal karena gagal meneruskan lomba menilai bahwa masukknya safety car adalah bagian dari konspirasi tim pengawas lomba.

“Saya rasa alasannya jelas. Saya tidak merasa ada bahaya”, ujar Vettel. “Ada beberapa serpihan di lintasan sebelumnya dan itu masih bisa diterima. Saya rasa alasan safety car adalah untuk menghancurkan kemenangan kami.”

Pendapat Vettel tersebut didukung penuh Helmut Marko yang juga merasakan kejanggalan atas masuknya safety car  dipertengahan lomba. “Vettel berada jauh di depan dan kemudian seluruhnya dibuat kembali berdekatan. Seperti yang mereka lakukan di balapan Amerika”, jelas Marko.

Namun teori konspirasi yang disuarakan keduanya diragukan oleh pengamat dari German Sky Television, Marc Surer. Surer berpendapat bahwa keputusan pengawas lomba memasukkan safety car  adalah tepat dan tidak ada maksud untuk mengacaukan lomba.

“Saya tidak merasa ini sengaja dilakukan kepada Vettel”, ujar Surer. “Tetapi saya yakin ini akan didiskusikan nantinya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda