Scroll to Top

5 Hal Yang Tidak Bisa Dilakukan Media Sosial

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 23 Jul 2011

Meskipun banyak penelitian maupun opini tentang manfaat media sosial bagi kehidupan sosial bahkan untuk bisnis Anda, akan tetapi tetap ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan media sosial walaupun secara tidak sadar mungkin Anda menyangka bisa mendapatkannya.

Dikutip dari econsultancy.com, 5 hal ini adalah yang tidak bisa dilakukan media sosial untuk Anda:

1. Membuat Anda keren

Media sosial sudah bukan barang baru lagi. Keikutsertaan Anda pada akun-akun media sosial bukan lagi sesuatu yang istimewa. Karena jutaan pengguna di seluruh dunia juga sudah memiliki akun Facebook maupun Twitter. Jadi, jika Anda tidak dapat menampilkan pribadi unik pada akun Anda, maka Anda akan sama saja seperti orang kebanyakan. 

2. Menciptakan produk dan jasa yang hebat

Memang benar, feedback yang Anda dapat dari media sosial berpengaruh terhadap perbaikan produk dan layanan yang Anda tawarkan disana. Akan tetapi jika Anda mengira mendapatkan feedback saja sudah cukup,  Anda salah. Komentar hanyalah komentar. Aksi yang nyata tetap perlu Anda lakukan sendiri agar produk dan layanan tersebut benar-benar berubah menjadi lebih baik.

3. Menghilangkan kritik

Memiliki keanggotaan di Facebook maupun Twitter membuat Anda dengan mudah dan cepat berhubungan dengan masyarakat, begitu juga dengan kritik yang mereka sampaikan. Anda tidak mungkin menghindari atau bahkan menghilangkan beberapa atau bahkan semua kritik yang mungkin Anda pikir sangat mengganggu. Bahkan dibeberapa kejadian, meladeni kritik-kritik tersebut via media sosial justru akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

4. Menyediakan pemasaran gratis

Bergabung menjadi anggota suatu situs media sosial memang tidak dipungut biaya. Akan tetapi bukan berarti hal itu benar-benar “gratis”. Jika Anda pikirkan kembali, untuk membangun, mengembangkan dan memelihara agar akun Anda tetap eksis, selalu membutuhkan investasi waktu yang tidak sedikit. Dan seperti Anda tahu, waktu adalah uang, bukan?

5. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan (customer service) Anda

Sudah banyak perusahaan besar yang mengandalkan media sosial sebagai alat untuk media layanan pelanggannya. Akan tetapi yang perlu diingat, layanan pelanggan yang terbaik bukanlah alatnya, akan tetapi pribadi perorangannya. Jika pegawai customer service Anda tidak mampu melayani pelanggan dengan masalah mereka, Twitter pun tidak akan bisa membantu.

Meskipun informasi diatas lebih cocok untuk para pemilik dan pelaku bisnis di situs-situs media sosial, tidak menutup kemungkinan informasi tersebut bisa Anda jadikan masukan untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri berbisnis di media sosial, atau bahkan yang sekedar kecanduan media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda