Scroll to Top

Fakta-Fakta Tentang Manfaat Teh

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Jun 2012

teh-hijauTeh menjadi minuman pilihan yang cocok di segala suasana. Mau diminum dingin, hangat, atau panas, semuanya memberikan kenikmatan tersendiri. Musim panas seperti saat ini, minum es teh mungkin jadi pilihan utama. Selain memberikan kesejukan di tenggorokan, berbagai manfaat teh bisa turut dirasakan.

Menurut sebuah studi di Tufts University, jumlah antioksidan pada teh sebanyak 10 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran.  Belum lagi ditambah manfaat lain dari beberapa jenis teh yang ada. Selama ini dikenal ada empat jenis teh, yaitu teh putih, teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

Ingin tahu fakta tentang teh lainnya? Simak uraian berbagai hal tentang manfaat teh berikut ini.

  1. Meskipun teh memiliki berbagai macam jenis, sebenarnya mereka berasal dari pohon yang sama. Perbedaan terletak pada cara memroses teh menjadi bahan minuman yang siap pakai. Misalnya, teh hijau diproses tanpa fermentasi dan dijemur lebih lama daripada teh putih.
  2. Semua teh itu menyehatkan. Hanya saja, teh putih dianggap lebih sehat karena kandungan antioksidannya lebih tinggi dibanding jenis teh lain. Namun, kadar kafein teh putih juga lebih tinggi.
  3. Menambahkan susu pada teh bisa menghilangkan manfaat antiksidan teh. Penyebabnya adalah kasein (protein susu) akan menghambat kerja polifenol katekin yang ada dalam teh. Menambahkan susu pada teh sama saja menghilangkan manfaat teh untuk menjaga kesehatan jantung.
  4. Jumlah kafein pada teh lebih rendah dibanding kopi dengan takaran yang sama. Sehingga, efek kafein pada teh tidak setajam kopi dalam memengaruhi tubuh. Namun, kalau tubuh Anda alergi terhadap kafein, sebaiknya hindari teh, kopi, dan minuman berkafein lainnya.
  5. Meskipun punya sifat diuretik atau membuat mudah kencing, teh tidak menyebabkan tubuh Anda dehidrasi. Malah, cairan pada minuman teh menjadikan tubuh terhidrasi seperti halnya minum air tawar.
  6. Teh bisa menguatkan gigi karena memiliki fluoride dan fluorida alami. Kedua zat ini bisa menguatkan enamel gigi dan menjauhkan dari pembusukan. Selain itu, teh mengurangi pembentukan asam di mulut karena bertemunya plak dan gula.
  7. Untuk mendapatkan citarasa teh yang tidak pahit, jangan membuat teh dengan cara merebusnya. Cukup diseduh dengan air panas tanpa merebusnya.
  8. Teh memiliki zat L-tehanine yang dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda