Scroll to Top

Jadwal Euro 2012

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 26 Jun 2012

Skuad Italia

Tak terasa, Euro 2012 kini telah memasuki jadwal semifinal. Empat negara terbaik Eropa yakni Portugal, Spanyol, Jerman, dan Italia, akan saling sikut demi meraih kemenangan di semifinal Piala Eropa 2012 ini dan mendapatkan dua tiket final yang tersedia.

Perjalanan keempatnya untuk mencapai semifinal sendiri tidaklah mudah.  Sebelumnya di fase grup, Jerman menjadi satu-satunya peserta yang meraih 100% kemenangan setelah menekuk Portugal, Denmark, dan Belanda di Grup B. Portugal sendiri lolos setelah mengalahkan Denmark dan Belanda untuk akhirnya menemani Jerman ke fase knock-out.

Kisah yang hampir sama juga terjadi pada Spanyol dan Italia yang menghuni Grup C. Spanyol dan Italia keluar sebagai pemenang setelah menyingkirkan Kroasia dan Irlandia, dimana Spanyol menjadi pemuncak klasemen akhir dan Italia sebagai runner-up.

Jika Grup B dan C mampu mengirim wakilnya ke empat besar, hal berbeda terjadi oleh wakil-wakil dari Grup A dan D. Ceko dan Yunani yang maju ke perempat final setelah menyingkirkan Rusia dan Polandia di Grup A dibuat tak berkutik oleh lawan masing-masing.

Ceko harus pulang lebih awal setelah dikandaskan Portugal lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo. Sementara Yunani, meski sempat memberi perlawanan sengit pada Jerman, tetap saja mereka harus kalah dengan skor 4-2.

Di Grup D, Prancis dan Inggris yang masuk ke perempat final setelah memenangi persaingan dengan Ukraina dan Swedia juga harus kandas di perempat final.

Prancis yang sempat mengalami friksi internal pasca kekalahan versus Swedia tak mampu menandingi keperkasaan Spanyol. Dua gol Xabi Alonso sudah cukup untuk mengirim mereka pulang. Sementara Inggris? Permainan buruk mereka selama 120 menit versus Italia berlanjut dengan kegagalan saat babak adu penalti berlangsung.

Kini, hanya akan ada empat negara yang siap bertarung memperebutkan status sebagai yang terbaik di Eropa. Apakah Spanyol akan mampu mempertahankan mahkota juara yang mereka raih empat tahun lalu? Atau justru posisi mereka akan terdongkel oleh Portugal, Jerman, atau Italia?

Berikut adalah jadwal semifinal dan final Euro 2012:

Semifinal

No.

Tanggal

Pertandingan

Jam (WIB)

 1. Kamis, 28 Juni 2012 Portugal vs Spanyol 01.45
 2. Jumat, 29 Juni 2012 Jerman vs Italia 01.45

Final

No.

Tanggal

Pertandingan

Jam (WIB)

 1. Senin, 2 Juli 2012 Pemenang Semifinal 1 vs Pemenang Semifinal 2 01.45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda