Scroll to Top

Kucing Ternyata Berperan Penting Dalam Dunia Internet

By Baihaki / Published on Wednesday, 27 Jun 2012

Anda tak akan percaya dengan kabar yang satu ini. Ternyata dunia internet didominasi oleh para kucing. Cukup mengejutkan, namun hal ini telah dibuktikan oleh Google X Lab yang merupakan salah satu laboratorium rahasia milik Google.

Penemuan tersebut terjadi saat para ilmuan di tempat tersebut berkeinginan untuk membuat sebuah mesin yang mampu belajar sendiri. Mesin tersebut dibangun dengan menghubungkan 16 ribu prosesor komputer dengan jutaan jaringan buatan. Selanjutnya, para peneliti menguji mesin tersebut dengan 10 juta gambar yang dipilih thumbnail video Youtube.

gambar kucing

Setelah setelah mempelajari 20 ribu gambar, mesin buatan Google X Lab mulai mengenali gambar kucing. Mesin ini memang menggunakan algoritma di mana mesin akan mempelajari sebuah benda berdasarkan hal – hal yang telah dilihatnya.

“Kami tak pernah mengatakannya selama masa pelatihan, ‘Ini adalah kucing’. Itu terbentuk berdasarkan konsep seekor kucing,” ujar Jeff Dean yang merupakan salah satu pegawai Google.

Lalu, bagaimana penjelasan dari temuan ini? Apakah kucing benar-benar mendominasi dunia internet?

Dan ternyata jawabannya adalah iya. Paling tidak dari situs video sharing Youtube, video yang paling dominan adalah video tentang kucing. Dan, mesin buatan Google X Lab tersebut mampu mengidentifikasi gambar kucing dengan tingkat akurasi 78.4 persen.

Mesini ini merupakan salah satu penemuan Google X Lab yang dihadirkan dalam konferensi di Edinburgh Skotlandia. Pihak perusahaan mengatakan bahwa teknologi ini akan mampu meningkatkatkan teknologi di bidang pengenalan suara, gambar dan bahkan translasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda