Scroll to Top

Berbohong di Internet? Anda Bisa Dipenjara!

By Melissa / Published on Wednesday, 27 Jun 2012

Berbohong di Internet

Sejak tahun 1980-an, Rhodes Island di Amerika Serikat memberlakukan hukum yang ketat terhadap mereka yang berbohong di Internet, dan hingga minggu ini, hukum tersebut masih berlaku.

Hukuman untuk orang yang berbohong di internet antara lain berupa hukuman fisik, didenda $500 hingga dipenjara selama setahun.

Hukum ini bahkan berlaku untuk jenis kebohongan yang dianggap ringan, seperti berbohong mengenai umur di Facebook atau membuat info palsu di CV LinkedIn.

Kini, menurut Associated Press, badan legislatif akhirnya mengadakan voting untuk menghapus hukum yang sudah dianggap kuno ini.

Steven Brown yang menjabat sebagai direktur eksekutif Rhode Island American Civil Liberties Union mengatakan bahwa seluruh penduduk Rhode Island akan dianggap bersalah jika hukum ini masih diberlakukan.

Ia juga menambahkan bahwa kebohongan kecil memang bukan tindakan yang benar, namun bukan berarti tindakan tersebut merupakan perbuatan kriminal.

Pada mulanya, hukum ini dibentuk untuk mencegah para penjahat internet, namun seiring dengan berkembangnya kebebasan berpendapat di internet, hukum tersebut sudah dianggap tidak layak untuk mengatur penggunaan internet di masa sekarang.

Lagipula, hukum ini dianggap kurang efektif karena hingga sekarang hanya sedikit orang yang diadili akibat berbohong di internet.

(via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda