facebook ubah email pengguna

Kemarin (26/06/2012), Sidomi telah meberitakan bahwa Facebook diam-diam telah mengganti alamat email pengguna menjadi @Facebook.com tanpa izin pengguna, hal ini tampaknya berbuntut kemarahan Facebooker.

Facebook beralasan perubahan alamat email Facebook memiliki tujuan untuk menjaga konsistensi pengguna dan berusaha mewajibkan pengguna untuk menggunakan layanan email dari jejaring sosial Facebook.

“Selain semua orang menerima alamat, kami juga meluncurkan sebuah pengaturan baru yang memberikan orang pilihan untuk menentukan alamat mereka ingin menunjukkan pada jadwal mereka,” kata Facebook.

Perubahan ini terlihat dengan email @Facebook.com di-set secara default oleh Facebook tanpa seizin pengguna dan terkesan diam-diam, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Langkah ‘pemaksaan’ yang dilakukan jejaring sosial Facebook ini menuai kemarahan dan reaksi keras dari sebagian besar Facebooker dan menganggap jejaring sosial tersebut tidak menghormati privasi pengguna.

Meski Facebooker dapat mengembalikan pengaturan email default seperti semula, namun tetap saja langkah Facebook yang dilakukan tanpa izin ini menuai kemarahan Facebooker.

“Kebetulan saya mengunjungi profil saya Facebook, dan memperhatikan bahwa mereka telah mengubah alamat email ditampilkan untuk gerv.markham [at] Facebook.com!,” tulis Gervase Markham, seorang Blogger yang kesal dengan tindakan Facebook.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, kritik pun dilancarkan oleh Facebooker melalui linimasa mereka, ada pula yang ikut melemparkan kritik dan reaksi mereka di layanan microblogging Twitter.

“Yang lama masih dalam database, tetapi telah disembunyikan kemudian diganti dengan email Facebook, sehingga berakhir di tempat yang sama. Apa mereka pikir mereka sedang bermain?!,” salah satu Facebooker yang marah.