Scroll to Top

Prediksi Euro 2012 Jerman vs Italia, Jumat 29 Juni

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 27 Jun 2012

Italia

Partai semi final kedua Euro 2012 akan menghadirkan pertandingan ulangan semi final Piala Dunia 2006 antara Jerman vs Italia di National Stadium Warsaw, Jumat (29/6/12) pukul 01.45 WIB. Jerman yang enam tahun lalu jadi pecundang, bertekad untuk bisa menebus kegagalan tersebut dan meraih babak final Piala Eropa 2012.

Pelatih Jerman, Joachim Loew, menyadari pertandingan kali ini akan lebih berat jika dibandingkan laga-laga sebelumnya. Untuk itu, ia menekankan pada anak asuhnya agar bisa menjaga irama permainan yang telah terbentuk dengan baik selama empat pertandingan pertama.

“Kami harus mempertahankan dan bahkan coba meningkatkan ritme permainan saat lawan Italia. Itu akan sangat penting karena kami akan memaksa Italia untuk bermain bertahan. Kami harus memulai inisiatif serangan,” tutur Loew.

Namun Loew juga sadar bahwa Italia adalah lawan berat, terlepas dari aksi heroik mereka kala menaklukkan Inggris dalam drama adu penalti di Kiev beberapa hari lalu.

“Kami bermain baik lawan Yunani, namun Italia adalah tim yang jauh berbeda. Apalagi mereka juga telah berbenah pasca kegagalan di Piala Dunia 2010 lalu.”

Satu pemain Italia yang wajib diwaspadai Jerman adalah Andrea Pirlo. Selain perannya yang sangat sentral di lini tengah Italia, pemain gaek itu juga baru saja menyihir mata pecinta sepakbola lewat sepakan Cucchiaio-nya kala adu penalti versus Inggris, sama persis yang pernah dilakukan Francesco Totti kala Italia melawan Belanda di Euro 2000 silam.

Pirlo seperti terlahir kembali saat ini. Ia adalah pesepakbola yang mengagumkan dan cerdik. Melakukan man-to-man marking padanya tak akan berguna karena ia bermain lebih ke dalam,” puji Loew.

Di sisi lain, Italia juga tampak tak takut dengan keperkasaan Jerman dalam beberapa tahun terakhir. Jerman minimal selalu menembus babak semifinal dalam empat turnamen besar terakhir, yakni Piala Dunia 2006, Euro 2000, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

“Kami telah melihat pertandingan mereka. Jerman adalah tim yang sangat bagus dan dalam beberapa tahun terakhir mereka membuktikannya. Tapi kami tahu bagaimana cara mengalahkannya,” ucap Pirlo.

Lebih jauh, Pirlo menilai peluang Italia untuk menang kali ini sama besar seperti yang mereka lakukan enam tahun lalu. Padahal saat itu Jerman bertindak sebagai tuan rumah. Dan kini, pertandingan dilakukan di tempat netral.

“Perbedaannya hanya dulu mereka bermain di rumah sendiri, di depan fans mereka. Saya yakin mereka takut pada kami karena kekalahan tahun 2006.”

Pelatih Italia, Cesare Prandelli, masih harap-harap cemas menanti kondisi Daniele De Rossi untuk pertandingan nanti. Gelandang multitalenta tersebut mengalami cedera saat Italia bentrok dengan Inggris beberapa hari lalu dan kondisinya hingga kini masih diragukan.

Perkiraan susunan pemain:

Jerman (4-2-3-1): 1. Manuel Neuer; 20. Jerome Boateng, 5. Mats Hummels, 14. Holger Badstuber, 16. Philipp Lahm; 6. Sami Khedira, 7. Bastian Schweinsteiger; 8. Mesut Ozil, 21. Marco Reus, 10. Lukas Podolski; 23. Mario Gomez. Pelatih: Joachim Loew

Italia (4-3-1-2): 1. Gianluigi Buffon; 7. Ignazio Abate, 15. Andrea Barzagli, 19. Leonardo Bonucci, 6. Federico Balzaretti; 21. Andrea Pirlo, 23. Antonio Nocerino, 18. Riccardo Montolivo; 8. Claudio Marchisio; 10. Antonio Cassano, 9. Mario Balotelli. Pelatih: Cesare Prandelli

Head to head:

10-02-2011: Jerman 1-1 Italia

05-07-2006: Jerman 0-2 Italia

01-03-2006: Italia 4-1 Jerman

20-08-2003: Jerman 0-1 Italia

20-06-1996: Italia 0-0 Jerman

Prediksi SidomiNews: Jerman (49%) Italia (51%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda