Scroll to Top

Belanja Produk Basa Walikan di Soak Ngalam

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Jun 2012

soak ngalam

Kalau Bali ada Joger dan di Jogja ada Dagadu, maka di Malang Anda akan mendapati Soak Ngalam. Soak Ngalam adalah sebuah bisnis kreatif yang menonjolkan sisi penggunaan kata-kata kreatif sebagai nilai jual. Bedanya, di Soak Ngalam salah satunya lebih mengedepankan kalimat yang disebut basa walikan atau bahasa terbalik. Beberapa  contohnya adalah apal utab (apel batu) atau warung ipok (warung kopi). Termasuk, Soak Ngalam berarti Kaos Malang.

Dikutip dari situs resmi Soak Ngalam, basa walikan sebenarnya sudah dikenal sudah lama dan menjadi ciri khas masyarakat Malang. Bahkan, bahasa ini cukup tenar sebelum tahun 80-an. Ada keinginan dari pendiri Soak Ngalam untuk memperkenalkan bahasa ini kepada generasi yang lebih muda agar tidak hilang keberadaannya. Untuk lebih memikat, basa walikan dikemas melalui produk garmen.

Sebenarnya bukan kaos saja yang dibuat. Karena, Soak Ngalam memroduksi juga souvenir lain seperti aksesoris, tas, dan jaket. Dengan menempati sebuah lokasi di Jalan Kawi Atas 24 Malang, Soak Ngalam mencoba menyejajarkan diri dengan oleh-oleh khas Malang lainnya. Misalnya apel batu, keripik buah, dan sebagainya.

Sementara itu, harga yang ditawarkan cukup beragam. Untuk kaos, ditawarkan pada kisaran Rp 65 ribu hingga Rp 80 ribu per buah. Produk jaket dijual pada kisaran Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu. Kalau untuk tas, bisa dibeli di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 70 ribu. Terakhir, untuk aksesoris, ditawarkan pada harga Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu.

Pada produk kaos, perbedaan harga terletak pada pemakaian bahan dan desain. Kaos untuk anak lebih murah Rp 10 ribu dari ukuran dewasa. Sementara untuk kaos yang didesain glow in the dark atau menyala dlam kegelapan, ditawarkan sekitar Rp 75 ribu. Kalau tidak sempat ke Malang, produk Soak Ngalam juga bisa didapatkan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda