Scroll to Top

Hasil Pertandingan Peru vs Venezuela, Peru Rebut Peringkat Ketiga

By Wan Faizal / Published on Sunday, 24 Jul 2011

Pertandingan perebutan tempat ketiga Copa America 2011 antar dua negara yang tampil mengejutkan selama turnamen, Peru versus Venezuela, akhirnya dimenangkan Peru dengan skor telak 4-1.

Bermain di Stadion Ciudad de La Plata, Minggu (24/7) dini hari, Peru tampil perkasa lewat hat-trick dari Jose Paolo Guerrero dan satu gol dari William Chiroque. Sedangkan Venezuela hanya mampu membalas lewat Juan Arango.

Meskipun kalah dalam penguasaan bola, tapi Peru mampu tampil lebih efektif. Sebaliknya, pasukan Cesar Farias membuang begitu banyak peluang untuk mencetak gol.

Peru membuka skor pada menit 41. Chiroque yang mengawali serangan balik Peru berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan La Vinotinto. Dengan mudah, pemain bernomor 18 itu merobek jala Renny Vega setelah menerima umpan dari Guerrero.

Disaat tim butuh 11 pemain untuk mengejar ketertinggalan, Tomas Rincon malah membuat Venezuela bermain dengan 10 pemain. Padahal ini adalah laga comebacknya setelah absen di semifinal lantaran menerima kartu merah saat melawan Chile di perempat final.

Menit ke 64, kembali kerjasama apik antara Chiroque dan Guerrero membuahkan malapetaka bagi Venezuela. Kali ini giliran Chiroque yang memberikan assist pada Guerrero.

Tertinggal dua gol dan bermain dengan 10 orang belum membuat Gabriel Cichero dkk menyerah. Masuknya Juan Arango di menit 67 semakin memperkaya variasi serangan Venezuela. Terbukti, Arango akhirnya mampu menipiskan skor di menit 79 setelah menerima umpan brilian dari Yohandry Orozco.

Namun sepertinya hanya sampai disitu perlawanan Venezuela. Kelengahan di barisan pertahanan membuat Guerrero mampu mencetak dua gol tambahan pada masa injury time. Sekaligus membuatnya menjadi top scorer sementara dengan lima gol.

“Sudah sejak setahun lalu tim ini berubah, dan kami jadi percaya dengan kemampuan kami,” ucap kiper Raul Fernandez.

“Kami bisa pulang ke rumah dengan rasa bahagia. Posisi ketiga ini berarti banyak bagi warga Peru. Sekarang, mari kita menikmati hasil ini,” lanjutnya.

Sementara penjaga gawang Venezuela, Renny Vega, menyesalkan hasil ini lantaran disebabkan mereka terlalu percaya diri sebelum laga dimulai.

“Kami pikir pertandingan akan berjalan mudah. Kami belajar banyak hal, dan pertandingan terakhir ini membuat kami yakin bahwa tidak ada pertandingan yang mudah,” ujarnya.

“Peru telah bermain hebat dengan pelatih dan pemain-pemain yang brilian.”

“Kami datang untuk melaksanakan tugas kami, tapi kami gagal menang. Sekarang kami harus tetap menegakkan kepala karena semua belum berakhir. Kualifikasi Piala Dunia 2014 akan berlangsung lebih sulit daripada Copa America 2011 ini,” simpul kiper plontos itu.

Ini merupakan kali ketujuh Peru meraih peringkat ketiga dalam gelaran Copa America. Sebelumnya, mereka meraihnya pada 1927, 1935, 1949, 1955, 1979, dan 1983.

Data pertandingan:

Peru 4-1 Venezuela (Chiroque 41’, Guerrero 64’, 90’, 92’ / Arango 79’)

Peru: 1. Raul Fernandez, 13. Renzo Revoredo, 2. Alberto Rodriguez, 15. Aldo Corzo, 21. Christian Ramos, 5. Adan Balbin, 19. Yoshimar Yotun, 10. Rinaldo Cruzado (16. Luis Advincula 78’), 11. Carlos Lobaton (8. Michael Guevara 60’), 18. William Chiroque, 9. Jose Paolo Guerrero. Coach: Sergio Markarian

Venezuela: 1. Renny Vega, 16. Roberto Rosales, 4. Oswaldo Vizcarrondo, 3. Jose Manuel Rey, 6. Gabriel Cichero, 8. Tomas Rincon, 10. Yohandry Orozco, 13. Luis Seijas (14. Franklin Lucena 46’), 11. Cesar Gonzalez (18. Juan Arango 67’), 7. Nicolas Fedor (23. Salomon Rondon 61’), 9. Giancarlo Maldonado. Coach: Cesar Farias

Yellow cards: Cruzado 37’, Balbin 67’ / Rey 50’, Cichero 84’, Maldonado 86’

Red card: Rincon 58’

Referee: Wilmar Roldan (Kolombia)

Man of The Match: Jose Paolo Guerrero

[youtube 4eTC9AgoHbE]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda