Scroll to Top

Persib: Kata Mereka Tentang Perdamaian Viking & The Jakmania

By Aditya / Published on Thursday, 28 Jun 2012

Jakmania Viking

Semua pihak tampaknya mendukung gagasan perdamaian antara pendukung Persib Bandung yang tergabung dalam Viking Persib Club dan suporter fanatik Persija Jakarta, yakni The Jakmania. Para mantan pemain atau pengurus Persib Bandung pun angkat bicara mengenai hal ini.

Yossi Irianto, yang pernah menjabat sebagai manajer tim Maung Bandung, menyambut gembira gagasan itu. Ia pu  mengharapkan, jalinan perdamaian antara Viking dan The Jakmania dapat segera terwujud.

”Adanya gagasan ini saya setuju, sangat menyambut baik. Ini harus didukung semua pihak… Mudah-mudahan ini menjadi komitmen dari Biking. Kami berharap ini jadi bentuk tanggungjawab bersama,” ujar Yossi Irianto.

Mantan manajer Persib Bandung lainnya, Jaja Sutarja, juga urun komentar sekaligus menyumbangkan saran.

”Masukan saya, supaya ada sosialisasi ke daerah-daerah di luar Bandung karena bobotoh ada di mana-mana,” tandas Jaja Sutarja.

Dukungan serupa juga diungkapkan oleh mantan punggawa tim Pangeran Biru, Sukowiyono, yang mengharapkan perdamaian supaya tidak jatuh korban lagi.

“Saya mendukung gagasan perdamaian ini. Kalau ada korban lagi, sungguh disesalkan,” kata Sukowiyono

Yusuf Bachtiar, eks pemain sekaligus mantan asisten Persib Bandung, pun berbagi pengalaman, bahwa hubungan Bobotoh dan pendukung Persija pernah mesra di masa lalu.

”Waktu jadi pemain, saya merasa lebih nyaman di saat masih perserikatan (kompetisi resmi PSSI sebelum Liga Indonesia terbentuk), di mana bobotoh bisa menyaksikan langsung di Senayan (sekarang Stadion Gelora Bung Karno),” kenangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda