Scroll to Top

Safari, Browser Canggih Besutan Apple

By Ditya / Published on Thursday, 28 Jun 2012

Safari

Browser Safari mungkin kurang terdengar bagi pengguna Windows, namun bagi pengguna Apple Mac atau iOS, browser Safari mungkin adalah browser favorit mereka.

Safari adalah browser canggih besutan Apple yang telah hadir dan dibundle dengan Mac OSX sejak versi Mac OSX 10.3. Browser Safari dirilis pada tanggal 7 Januari 2003.

Browser Safari andalan Apple ini juga hadir untuk platform Windows sejak Safari versi 3 yang dirilis pada 9 Januari 2007 dan memungkinkan pengguna Windows untuk menikmati browser buatan Apple.

Safari sendiri dikembangkan oleh Apple menggunakan mesin render open source bernama WebKit dan mesin untuk eksekusi Java Script bernama Nitro. Mesin render WebKit ini juga digunakan beberapa browser terkenal seperi Konqueror, Chromium dan Google Chrome.

User Interface Safari

Browser Safari hadir dengan tampilan khas Apple yang elegan dan minimalis. Pengguna akan disambut dengan halaman “Top Site” ketika pertama kali menjalankan browser Safari.

Halaman Top Site ini berfungsi sama dengan speed dial di Opera atau home tab pada Firefox 13 yang menampilkan situs-situs yang sering dikunjungi dalam bentuk grid 3D.

Fitur Safari

Browser besutan Apple ini memiliki banyak fitur layaknya browser lain seperti bookmark, history, private browsing, web inspector serta dukungan HTML5 dan CSS 3 untuk Safari versi terbaru. Berikut beberapa fitur yang ada di browser Safari :

  • SandBoxing, sebuah fitur keamanan yang membuat semacam dinding keamanan yang melindungi sistem operasi dari ancaman kemanan dari situs yang sedang dibuka.
  • Panel Privacy, setiap kita membuka halaman sebuah situs, maka situs tersebut akan menyimpan data berupa cookies, nah Panel Privacy ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan menghapus cookies,
  • Dukungan HTML5, WebGL dan CS3 serta fitur Web Inspector.
  • Fasilitas Zoom.
  • Private Browsing, memungkinkan pengguna berselancar tanpa meninggalkan jejak berupa history.
  • Reading List, sebuah fitur yang memungkinkan untuk menyimpan sebuah situs ke dalam sebuah daftar.
  • Full Screen Mode (khusus Mac).

Performa dan Kinerja

Performa browser Safari ini cukup cepat dengan kombinasi mesin render web WebKit dipadukan dengan mesin eksekusi Java Script Nitro menghasilkan performa yang cepat.

Browser Safari ini juga terkenal memiliki kompatibilitas tinggi untuk membuka berbagai situs serta dukungan HTML5 dan CSS3 pada Safari versi baru ini juga berperan meningkatkan kompatibilitasnya.

Browser Safari tersedia untuk sistem operasi Windows dan Macintosh serta dapat di-download disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda