Scroll to Top

Ask, Mesin Pencari Alternatif Google

By Ditya / Published on Thursday, 28 Jun 2012

Ask

Membahas masalah search engine atau mesin pencari internet, tentu akan muncul nama Google, Yahoo dan Bing. Ketiga nama tersebut memang 3 pemain besar di pasar mesin pencari.

Mesin pencari Ask jelas kalah populer dengan Google, Yahoo atau Bing, namun kemampuan dan hasil pencariannya pun tak kalah dengan 3 pemain besar tersebut.

Ask awalnya mengusung nama Ask Jeeves yang artinya jawaban atas peratanyaan yang diajukan. Ide awal Ask adalah memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban dari pertanyaan sehari-hari yang diajukan. Ask berkantor pusat di Oakland, California.

Pada tahun 2005, Ask akhirnya membuang kata Jeeves dan tinggal kata Ask saja dan pada tanggal 27 Februari 2006, kata Jeeves telah resmi menghilang dari Ask.

Tampilan Mesin Pencari Ask

Saat pengguna membuka situs mesin pencari Ask, maka akan disambut tampilan dengan warna mayoritas abu-abu dan biru. Pada bagian atas terdapat menu yang berisi kategori pencarian seperti Image, News dan Video dan dibawahnya terdapat search bar, lengkap dengan logo Ask dan search button.

Ask menyediakan theme atau tema untuk merubah tampilan mesin pencari Ask sesuai selera pengguna. pilihan tema yang disediakan Ask juga cukup lengkap dan bermacam-macam.

Tema tersebut hanya terlihat di halaman awal saja, saat digunakan untuk melakukan pencarian, tampilan berubah seperti biasa.

Fitur dan Performa Mesin Pencari Ask

Hasil pencarian Ask cukup baik dan relevan, namun harus diakui masih kalah relevan dan kalah secara fitur dari raksasa mesin pencari Google. Meski demikian, mesin pencari Ask tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut sumber dari majalah Chip, Ask memiliki keunggulan dalam pencarian video.

Tampilan hasil pencarian hampir sama dengan mesin pencari lain dengan munculnya kategori jenis hasil pencarian seperti Image, News atau Video.

Ask memiliki fitur Q&A Community, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh pengguna lain, fitur ini hampir sama dengan Yahoo! Answer.

Meski tidak sebesar Google dan Yahoo atau Bing, mesin pencari Ask ini memiliki kemampuan yang cukup patut diperhitungkan, sehingga cukup pantas sebagai mesin pencari alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda