Scroll to Top

Jerman vs Italia: Lima Pertemuan Terakhir, Jerman Tak Pernah Bisa Atasi Italia

By Wan Faizal / Published on Thursday, 28 Jun 2012

Gol Fabio Grosso, Jerman 0-2 Italia 2006

Sekilas, kekuatan Jerman dan Italia yang akan bertarung di semi final Euro 2012, Jumat (29/6/12) pukul 01.45 WIB, di National Stadium Warsaw terlihat cukup berimbang. Keduanya tampil dengan grafik meningkat di Piala Eropa 2012 ini. Namun bagaimana jika dilihat dari rekor pertemuan kedua tim?

Jika dilihat dari statistik lima pertemuan terakhir, Jerman ternyata harus mengakui keunggulan Gli Azzurri. Dalam lima pertandingan tersebut, tak sekalipun pasukan Der Panzer mampu menekuk Italia. Paling banter hanya meraih hasil imbang.

Dua hasil imbang yang diraih Jerman terjadi pada 20 Juni 1996 tepatnya di pertandingan Euro 1996 di Inggris. Kala itu, kedua tim berbagi angka dengan skor tanpa gol. Hasil imbang kedua merupakan hasil pertemuan teranyar kedua tim yang terjadi tahun lalu dimana gol Miroslav Klose dibalas oleh Giuseppe Rossi.

Sementara itu, tiga pertandingan lainnya harus diakhiri Jerman dengan kekalahan. Pertama pada laga persahabatan tahun 2003 dengan skor 0-1 di laga persahabatan. Kemudian pada tahun 2006, Italia dengan perkasa menggasak Jerman 4-1, juga di friendly match. Empat gol Italia kala itu dicetak oleh Alberto Gilardino, Luca Toni, Daniele De Rossi, dan Alessandro Del Piero. Sedangkan Jerman membalas lewat Robert Huth.

Kekalahan ketiga adalah yang paling menyesakkan karena terjadi di semifinal Piala Dunia 2006 yang berlangsung di tanah Jerman. Kala itu, dua gol Fabio Grossi dan Del Piero di menit 119 dan 121 memupus harapan Jerman untuk tampil di partai puncak.

Kini Jerman berkesempatan untuk membalas dendam tersebut. Tak mudah memang mengingat beberapa pemain Italia yang juga bermain enam tahun lalu masih tergabung dalam skuad tahun ini.

Mampukah Jerman mematahkan rekor buruk tersebut di Warsaw nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda