Share

Sergio Van Dijk

Pemain asal Belanda berdarah Indonesia, Sergio van Dijk, rupanya ingin segera memperkuat Timnas Indonesia. Namun, bomber andalan klub Australia, Adelaide United, ini masih harus menunggu pengesahan statusnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Sergio van Dijk sebenarnya dijadwalkan akan disumpah menjadi WNI pada awal Juni 2012 kemarin. Namun, hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai statusnya tersebut. Striker kelahiran 6 Agustus 1982 itu pun mengungkapkan kekesalannya lewat jejaring sosial Twitter.

”Masih menunggu. Waktu terlalu lama!” kicau Sergio van Dijk melalui akun Twitter-nya @serginhovandijk dengan memakai hashtag #WNI.

Penyerang berbadan tegap dengan tinggi 185 cm ini memang sudah lama ingin beralih-kewarganegaraan sebagai WNI agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Di saat para pemain keturunan lainnya seperti Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan, atau Stefano Lilipaly, sudah resmi menjadi WNI, Sergio van Dijk ternyata masih harus menunggu tanpa kepastian.

Terkait hal ini, Iman Arif, mantan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), yang selama ini menangani urusan pemain naturalisasi, menyatakan bahwa dokumen Sergio van Dijk sebenarnya sudah disiapkan dan saat ini masih direvisi.

”Dokumen (Sergio van Dijk) itu saat ini masih dalam tahap revisi,” jelas Iman Arif.

Musim depan, Sergio van Dijk dikabarkan bakal hengkang dari Adelaide United karena ingin menjajal kompetisi di Indonesia demi memperbesar peluangnya untuk bergabung dengan skuad Merah-Putih.