Scroll to Top

Samsung Mendanai Penelitian Efek Film 3D

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 24 Jul 2011

Samsung mendanai sebuah penelitian dari tampilan 3D, lebih tepatnya, efek dari tampilan tiga dimensi terhadap mata. Menurut penelitian tersebut, yang dipublikasikan Journal of Vision, tampilan 3d menyebabkan kelelahan berlebih pada mata. Penelitian ini didanai bagian R&D Samsung. Sekelompok peneliti dari Universitas California, Berkeley menemukan bahwa saat subjek percobaan menonton tampilan 3D, mereka melaporkan lebih cepat lelah matanya dan tegang dan kejernihan penglihatan menjadi berkurang dibanding mereka menonton tampilan 2D. Ketimpangan antara ketajaman layar dan ketajaman gambar 3D yang menjadi penyebab utama, meski penyebab lainnya menurut peneliti juga karena ada hubungan antara ketajaman gambar dan posisi dengan layar yang terlalu dekat memberi dampak pada ketegangan mata.

Dikutip dari Ars Technica, dua puluh empat partisipan penelitian ini ditunjukkan video 2D dan 3D dari jarak yang berbeda-beda, dan mengisi kuesioner berkaitan tingkat kelelahan mata mereka, sakit leher, dan ketajaman penglihatan.

Partisipan merespon bahwa mereka mengalami mata yang lebih lelah dan tegang pada video 3D, meski perbedaannya antara 2D dan 3D tidak drastis namun cukup signifikan.

Bagian kedua dari penelitian ini menyebutkan, secara umum tampilan 3D adalah membuat lelah mata, partisipan lebih banyak mengalami masalah dengan jarak yang lebih jauh dalam menunjukkan gambar dibanding dengan yang lebih dekat dengan gambar.

Dari studi ini, menunjukkan bahwa video 3D lebih nyaman dilihat di bioskop daripada di TV, dan ini berita buruk bagi Samsung, dengan produk TV 3D miliknya, karena mengindikasikan mereka menyakiti mata pelanggannya sendiri.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda