Scroll to Top

Google Now, Pesaing Siri Di Android

By Ditya / Published on Friday, 29 Jun 2012

Google Now

Google benar-benar memanfaatkan momen di ajang Google I/O Conference dengan melakukan ‘show of force’ jajaran produk seperi Google Nexus 7, Nexus Q, Android 4.1 Jelly Bean dan Google Glass.

Bersama dengan munculnya Android 4.1 Jelly Bean, Google memperkenalkan sebuah fitur baru serupa Siri yang mengusung nama Google Now. Seperti apakah fitur Google Now?

Google Now merupakan ekspansi dari layanan Google Search yang memiliki kemampuan cerdas dengan menambahkan aneka macam ‘card‘ atau kartu yang akan membantu pengguna untuk memantau cuaca, menunjukan lokasi dan rekomendasi tempat yang sebaiknya dikunjungi pengguna.

Fitur canggih Google Now ini dapat diakses dari lockscreen atau melalui widget Google Search, kemudian pengguna akan disuguhu search bar sederhana yang siap untuk menerima pertanyaan atau perintah suara.

Berbeda dengan Apple Siri atau Samsung S Voice, Google Now ini hadir dengan sistem card atau kartu. Sistem ini mirip sebuah add-on atau plug-in yang dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Pada awal kehadirannya, Google Now menghadirkan 10 card atau kartu antara lain :

  • Traffic, untuk membantu pengguna untuk mencapai tempat yang diinginkan, fungsinya mirip GPS.
  • Public Transit, menghadirkan informasi tentang tempat transit kendaraan umum seperti terminal, halte bus dan lain sebagainya.
  • Next Appointment, berfungsi seperti reminder yang akan mengingatkan pengguna terhadap janji yang dibuat serta menandai lokasi terkait di peta.
  • Flights, menghadirkan informasi jadwal penerbangan.
  • Sports, menghadirkan informasi up-to-date seputar dunia olahraga.
  • Places, membantu pengguna menemukan restoran atau hotel disekitar tempat wisata yang dikunjungi serta menambahkan review mengenai tempat tersebut.
  • Weather, menghadirkan informasi cuaca tempat tinggal pengguna.
  • Translation, kamus online berbasis Google Translate.
  • Currency, menghadirkan informasi mengenai kurs mata uang berbagai negara.
  • Time at Home, menghadirkan informasi waktu saat pengguna berada di zona waktu lain.

Google Now ini merupakan salah satu bentuk perlawanan Google untuk bersaing dengan Apple Siri, anda penasaran dengan Google Now? Simak Video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda