Scroll to Top

Google Chrome Kini Hadir Di iPhone Dan iPad

By Ditya / Published on Friday, 29 Jun 2012

Google Chrome ios

Melalui ajang Google I/O Conference, raksasa internet ini tak hanya meluncurkan berbagai perangkat keras seperti tablet Google Nexus 7 atau Nexus Q, tapi juga turut hadir Android 4.1 Jelly Bean dengan fitur Google Now serta pengumuman kehadiran browser Google Chrome untuk Apple iOS.

Mengikuti jejak Yahoo Axis yang telah hadir lebih dulu, Google akhirnya mengumumkan kehadiran browser andalan mereka, Google Chrome perangkat iOS seperti iPhone dan iPad.

Saat ini browser Google Chrome untuk iOS telah hadir di App Store. Browser besutan raksasa internet ini datang dengan ukuran file 12,8MB dengan nomor versi mirip dengan Google Chrome versi desktop yaitu 19.0.1084.60.

Browser Google Chrome iOS ini hadir dengan menggunakan mesin render WebKit versi terbaru, sama dengan yang digunakan oleh browser bawaan iPad dan iPhone yaitu Mobile Safari.

Tampilan browser Google Chrome untuk Apple iOS ini mirip dengan Google Chrome versi Android seperti tampilan tab switcher lengkap dengan kemampuan berpindah tab dengan hanya menggesekkan ke tepi layar.

Google Chrome untuk iPad dan iPhone ini datang dengan rangakaian fitur lengkap antara lain kemampuan untuk sinkronisasi tab, halaman, history dari Google Chrome iOS ke versi desktop atau sebaliknya.

chrome vs safari
Chrome vs Safari

Seperti yang dikutip dari Anandtech, kehadiran browser Google Chrome di platform iOS ini menggunakan mesin yang sama dengan versi desktop, yaitu WebKit, sayangany Google Chrome tidak dilengkapi mesin eksekusi JavaScript V8 sperti pada versi desktop.

Sebagai gantinnya, Google Chrome menggunakan UIWebView, sehingga kemampuan eksekusi JavaScript di browser Google Chrome sedikit lebih lambat dibandingkan Safari.

Meski demikian, kehadiran browser Google Chrome untuk iOS ini turut meramaikan pasar browser di perangkat Apple dan cukup populer di App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda