Scroll to Top

MotoGP Rookie Rule Resmi Dihapuskan

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 30 Jun 2012

93-marc-marquez-moto2

Penghapusan MotoGP Rookie Rule kini bukan lagi sekedar wacana. Pada perhelatan MotoGP seri Assen Belanda, Penghapusan MotoGP Rookie Rule telah resmi diumumkan dan akan mulai berlaku terhitung pada tanggal 1 Januari 2013.

Dengan itu maka jalan bagi Marc Marquez untuk bergabung dengan tim pabrikan Repsol Honda di tahun 2013 telah terbuka. Marquez belakangan ini selalu dikait-kaitkan sebagai sosok pengganti Casey Stoner yang memutuskan mundur dari ajang balap MotoGP pada akhir musim 2012.

Namun kehadiran MotoGP Rookie Rule dianggap menjadi penghalang bagi tim Repsol Honda untuk menduetkan Marquez dengan Dani Pedrosa yang kabarnya akan tetap dipertahankan.

Kini segalanya menjadi mudah bagi Marquez untuk melenggang dari tim Repsol Moto2 ke tim Repsol Honda MotoGP setelah peraturan tersebut resmi dihapuskan.

Bersamaan dengan pengumuman penghapusan MotoGP Rookie Rule, pihak komite penyelenggara MotoGP juga mengumumkan beberapa peraturan lain. Salah satunya adalah peraturan penetapan dua tim satelit dan dua tim pabrikan bagi masing-masing produsen mesin.

Dengan adanya peraturan tersebut, maka tidak mungkin lagi bagi tiap produsen menjalankan tiga atau lebih motor berspesifikasi  pabrikan seperti yang pernah dilakukan oleh Honda tahun lalu melalui mendiang Marco Simoncelli.

Peraturan tersebut  dibuat dalam rangka meneruskan kampanye MotoGP dalam melakukan pengurangan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda