Scroll to Top

Match Preview Uruguay vs Paraguay: Uruguay di Ambang Sejarah

By Wan Faizal / Published on Sunday, 24 Jul 2011

Pertemuan dua “Guay” antara Uruguay versus Paraguay akan menjadi laga final sekaligus laga penutup turnamen Copa America 2011, di Stadion Monumental, Senin (25/7) pukul 02.00 WIB.

Tersingkirnya Brazil dan Argentina di perempat final menjadikan Uruguay satu-satunya kandidat terkuat untuk menjuarai turnamen ini. Kemenangan atas Peru di semifinal semakin membuktikan fakta tersebut. Selain itu, jika mampu mengatasi Paraguay di laga final, dipastikan Uruguay akan masuk dalam sejarah Copa America.

Ya, kemenangan dalam laga final nanti akan membuat Uruguay menjadi penguasa tunggal trofi Copa America dengan raihan 15 trofi. Saat ini, mereka bersanding dengan Argentina dengan total 14 trofi.

Maka, tak salah apabila Luis Suarez dkk lebih diunggulkan ketimbang Paraguay. Apalagi, dalam pertemuan terakhir keduanya, Uruguay mampu menang lewat dua gol Diego Forlan dan Diego Lugano.

“Kami ingin lebih sekarang. Kami ingin menjadi juara,” ujar Alvaro Gonzalez.

“Paraguay bermain dengan sangat baik. Mereka bermain rapat dan sangat sulit menembus kotak pinalti mereka. Mereka layak berada di final. Bertemu dua kali dengan Brazil, dan tanpa terkalahkan,” lanjutnya.

Meski begitu, pelatih Oscar Tabarez mengingatkan anak asuhnya untuk tetap bersikap tenang. “Uruguay memiliki banyak potensi, tapi kami harus berhati-hati karena itu bisa menjadi bencana. Bagaimanapun juga, kami percaya bisa juara. Kami telah melakukan persiapan dengan baik,” ujar Tabarez.

Benar. Meski lebih diunggulkan, tak sepatutnya Uruguay menganggap remeh pertandingan ini. apalagi Paraguay datang ke final dengan mengalahkan Brazil (perempat final) dan Venezuela (semifinal), meski lewat adu pinalti.

“Mereka adalah tim yang hebat dengan materi pemain yang berkualitas. Tapi kami mampu mengalahkan mereka,” tutur midfielder Paraguay, Edgar Barreto.

Los Rojiblancos dipastikan akan menaruh harapan besar pada duet striker Lucas Barrios dan Nelson Haedo Valdez mengingat tak bisa tampilnya Roque Santa Cruz karena cedera.

Paraguay juga dipastikan tak akan didampingi sang pelatih, Gerardo Martino, yang pada laga semifinal diusir wasit lantaran membuat keributan di pinggir lapangan.

Pemenang dari laga ini dipastikan akan menjadi wakil Zona CONMEBOL dalam FIFA Confederations Cup yang akan digelar di Brazil pada 2013.

Perkiraan formasi:

Uruguay: 1. Fernando Muslera, 16. Maxi Pereira, 2. Diego Lugano, 4. Sebastian Coates, 22. Martin Caceres, 15. Diego Perez, 17. Egidio Arevalo, 11. Alvaro Pereira, 20. Alvaro Gonzalez, 9. Luis Suarez, 10. Diego Forlan. Pelatih: Oscar Tabarez

Paraguay: 1. Justo Villar, 2. Dario Veron, 14. Paulo da Silva, 5. Antolin Alcaraz, 17. Aureliano Torres, 13. Enrique Vera, 8. Edgar Barreto, 16. Cristian Riveros, 21. Marcelo Estigarribia, 18. Nelson Valdez, 19. Lucas Barrios. Pelatih: Gerardo Martino

Head to head:

29-03-2009: Uruguay 2-0 Paraguay

18-10-2007: Paraguay 1-0 Uruguay

18-11-2004: Uruguay 1-0 Paraguay

19-07-2004: Paraguay 1-3 Uruguay

11-09-2003: Paraguay 4-1 Uruguay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda