Scroll to Top

PSSI Tidak Menghormati MoU dengan KPSI & ISL

By Aditya / Published on Saturday, 30 Jun 2012

PSSI KPSI

Petinggi KPSI, La Nyalla Mattalitti, menilai bahwa PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin tidak menghormati kesepakatan yang telah dihasilkan dalam MoU antara PSSI, KPSI, dan PT Liga Indonesia selaku pengelola Indonesia Super League (ISL) yang ditandatangani dengan disaksikan oleh wakil FIFA dan AFC di Malaysia beberapa waktu lalu.

Menurut La Nyalla Mattalitti, semula pihaknya bersedia berdamai dengan PSSI atas perantaraan AFC dan FIFA. Apalagi dalam MoU tersebut diputuskan mengenai pembentukan Komite Gabungan atau Joint Committee yang terdiri dari para perwakilan ketiga pihak yang terlibat.

Dengan dibentuknya Komite Gabungan, lanjut La Nyalla Mattalitti, seharusnya Djohar Arifin Husin tidak bertindak seenaknya sendiri, termasuk dalam memutuskan sesuatu yang terkait dengan kepentingan sepakbola nasional atas nama PSSI.

“Saya mau tanda tangan MoU karena komitmen semua urusan sepakbola Indonesia harus dilakukan di bawah komando Joint Committee, bukan di bawah komando Djohar Arifin,” tukas La Nyalla Mattalitti baru-baru ini.

PSSI KPSI MoU
MoU PSSI, KPSI, dan ISL, Disaksikan oleh FIFA dan AFC

Salah satu tindakan sepihak yang dilakukan oleh Djohar Arifin Husin sehingga membuat La Nyalla Mattalitti berang adalah ditunjuknya Semen Padang selaku juara Indonesia Premier League (IPL) oleh PSSI untuk mewakili Indonesia di Liga Champions Asia (LCA).

Padahal, masih ada kompetisi lain, yakni ISL, dan telah diakui oleh PSSI, yang memunculkan Sriwijaya FC sebagai kampiunnya. Menurut KPSI, Sriwijaya FC pun berhak mewakili Indonesia ke LCA. Apalagi, keputusan mengenai hal ini belum dibahas oleh Komite Gabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda