Scroll to Top

Inilah Alasan KPSI Larang Pemain ISL Perkuat Timnas PSSI

By Aditya / Published on Sunday, 01 Jul 2012

PSSI- KPSI

Polemik antara PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dengan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti memasuki babak baru justru setelah disepakatinya MoU antara pihak-pihak terkait dengan disaksikan AFC dan FIFA. KPSI pun meminta kepada klub Indonesia Super League (ISL) untuk tidak mengizinkan pemainnya membela Timnas Indonesia bentukan PSSI. Apa alasannya?

La Nyalla Mattalitti mengatakan, PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin sekarang justru sering bertindak semaunya sendiri tanpa mempertimbangkan keberadaan Komite Gabungan yang dibentuk sebagai salah satu poin yang diamanatkan dari hasil MoU antara PSSI, KPSI, dan PT Liga Indonesia selaku pengelola ISL.

Salah satu tindakan sepihak yang dilakukan PSSI, menurut La Nyalla Mattalitti, adalah sikap Djohar Arifin Husin yang menetapkan bahwa Semen Padang adalah tim yang berhak mewakili Indonesia ke Liga Champions Asia (LCA).

Semen Padang adalah juara Indonesia Premier League (IPL) musim ini. Di sisi lain, ISL pun masih bergulir dan memunculkan Sriwijaya FC sebagai juaranya. PSSI sendiri sebelumnya sudah menyatakan pengakuannya terhadap ISL demi terbentuknya Timnas Indonesia yang lebih berkualitas.

Namun, tindakan sepihak yang dilakukan PSSI itu, lanjut La Nyalla Mattalitti, justru membuktikan bahwa PSSI tidak menghormati hasil MoU yang sudah disepakati sebelumnya. Oleh karena itu, La Nyalla Mattalitti pun menginstruksikan kepada klub-klub ISL untuk menarik kembali para pemainnya dari timnas bentukan PSSI.

“Sekarang mereka (PSSI) semau-maunya sendiri. Ya sudah, saya minta semua pemain (ISL) ditarik dari timnas,” tukas La Nyalla Mattalitti belum lama ini.

Beberapa pemain ISL yang sempat bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 di Yogyakarta pun ditarik kembali oleh klubnya masing-masing setelah KPSI mengedarkan surat resmi terkait dengan persoalan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda