Share

Casey Stoner wins Dutch GP 2012

Setelah mendominasi pada sesi kualifikasi MotoGP Assen Belanda, tim Repsol Honda melanjutkan kembali dominasinya pada sesi lomba.

Casey Stoner yang menghuni posisi pole pada sesi kualifikasi sukses mengkonversikannya menjadi kemenangan usai menyudahi perlawanan rekan satu timnya, Dani Pedrosa, saat lomba tinggal menyisakan 10 putaran jelang bubar.

Kemenangan Stoner dipermudah setelah rival terdekatnya, Jorge Lorenzo, gagal melanjutkan lomba karena terjatuh dalam suatu insiden di tikungan pertama saat lomba baru saja dimulai.

Lorenzo terjatuh bersama Alvaro Bautista yang melakukan kesalahan ketika hendak memasuki tikungan pertama. Kedua pembalap itu pun tidak dapat melanjutkan lomba karena kerusakan yang dialami motor mereka.

Podium ketiga menjadi milik pembalap tim satelit Yamaha Tech3, Andrea Dovizioso. Dovizioso secara dramatis mampu menaklukan pembalap dari tim pabrikan, Ben Spies, pada satu putaran jelang akhir lomba.

Spies pun harus puas finis keempat dan harus mengubur asa mengulang prestasi terbaik sepanjang karirnya di MotoGP saat menjadi pemenang MotoGP Assen Belanda musim lalu.

Rekan satu tim Dovizioso, Cal Crutchlow, dengan susah payah berhasil menduduki posisi kelima setelah sempat turun hingga posisi ke-15 akibat menghindari insiden antara Lorenzo dan Bautista di tikungan pertama.

Nicky Hayden menjadi pembalap Ducati terbaik pada seri ini dengan menempati posisi keenam. Posisi ketujuh dihuni Hector Barbera yang berasal dari tim satelit Pramac Ducati.

Tiga posisi terakhir di sepuluh besar diluar dugaan diduduki oleh tiga pembalap CRT. Randy de Puniet, Michel Pirro, dan Mattia Pasini mengukir sejarah posisi tertinggi yang pernah diraih tim CRT dalam suatu seri.

Sementara itu akibat mengalami panas berlebih pada ban belakang motornya, Valentino Rossi harus rela finis di posisi ke-13 atau dua posisi terakhir pembalap yang finis pada lomba kali ini.

Total ada enam pembalap yang gagal finis pada lomba seri ke-7 MotoGP yang digelar di Sirkuit Assen Belanda. Tiga diantara mereka merupakan pembalap tim CRT dan tiga sisanya merupakan pembalap tim prototype.

Hasil MotoGP Assen Belanda :

  1.  Casey Stoner Honda 41m19.855s
  2.  Dani Pedrosa Honda + 4.965s
  3.  Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 11.994s
  4.  Ben Spies Yamaha + 14.775s
  5.  Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 22.074s
  6.  Nicky Hayden Ducati + 31.660s
  7.  Hector Barbera Pramac Ducati + 59.107s
  8.  Randy de Puniet Aspar Aprilia + 1m04.441s
  9.  Michele Pirro Gresini FTR-Honda + 1m06.980s
  10.  Mattia Pasini Speed Master Aprilia + 1m25.087s
  11.  Danilo Petrucci Ioda-Aprilia + 1m32.103s
  12.  Ivan Silva Avintia Inmotec-Kawasaki + 1m33.797s
  13.  Valentino Rossi Ducati + 1 lap
  14.  James Ellison Paul Bird Aprilia + 1 lap

Retirements :

  • Aleix Espargaro Aspar Aprilia 14 laps
  • Colin Edwards Forward Suter-BMW 7 laps
  • Yonny Hernandez Avintia FTR-Kawasaki 5 laps
  • Stefan Bradl LCR Honda 1 lap
  • Jorge Lorenzo Yamaha 0 laps
  • Alvaro Bautista Gresini Honda 0 laps