Scroll to Top

Final Euro 2012: Dengan “False Nine” Atau Tidak, Spanyol Tetap Tajam

By Wan Faizal / Published on Sunday, 01 Jul 2012

Vicente del Bosque

Di putaran final Euro 2012 ini, Spanyol membuat kejutan menarik seputar strategi bermain yang mereka pakai. Strategi bermain False Nine diapungkan oleh Vicente del Bosque, pelatih La Furia Roja, dan terbukti manjur membawa Spanyol melangkah ke partai puncak.

False Nine adalah strategi bermain tanpa menggunakan striker murni. Dalam hal ini, Del Bosque tidak memainkan striker mereka macam Fernando Torres, Alvaro Negredo, maupun Fernando Llorente. Sebagai gantinya, Cesc Fabregas yang bermain sebagai gelandang ia tugaskan untuk bermain layaknya striker.

Pola seperti itu bukan tanpa alasan. Del Bosque ingin memastikan timnya mampu mengontrol pertandingan dan menekan pertahanan lawan lebih sering.

Meski tanpa striker murni, catatan gol Spanyol ketika menggunakan strategi False Nine ternyata sama banyaknya seperti ketika mereka memainkan striker murni.

Statistik mencatat, Spanyol telah mencetak delapan gol di Euro 2012 ini. Dari delapan tersebut, empat gol tercipta ketika Spanyol memainkan False Nine, dan empat lagi tercipta ketika mereka menggunakan jasa striker asli.

Ketika melawan Italia di pertandingan pertama fase grup, gol yang dicetak Fabregas terjadi ketika Spanyol masih menggunakan pakem yang dikenalkan oleh Barcelona tersebut.

Menarik untuk ditunggu strategi mana yang akan dipakai oleh Del Bosque untuk menjalani laga pamungkas nan menentukan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda