Scroll to Top

Final Euro 2012: Xavi Hernandez vs Andrea Pirlo, Pertarungan Dua Passer Kelas Dunia

By Wan Faizal / Published on Sunday, 01 Jul 2012

Pirlo-Xavi

Partai final Euro 2012 antara Spanyol vs Italia tidak hanya menghadirkan 22 pemain kelas dunia diatas lapangan. Secara khusus, pertandingan nanti akan menjadi ajang pertunjukkan dua passer (pengumpan) papan atas dari masing-masing kubu, yakni Xavi Hernandez (Spanyol) dan Andrea Pirlo (Italia).

Kualitas keduanya dalam mendikte permainan sekaligus melepas umpan memang tak diragukan lagi. Xavi adalah roh dari permainan tiki-taka Spanyol yang mengandalkan umpan pendek dari kaki ke kaki.

Empat tahun lalu, Xavi begitu mendominasi lini tengah Spanyol dengan kreasi dan umpan-umpannya dan membuat ia ditahbiskan sebagai pemain terbaik dalam turnamen di Austria-Swiss tersebut.

Gelandang Barcelona itu kini menjadi pemain yang paling banyak mengumpan selama Euro 2012 ini dengan total 734 umpan. Xavi juga memecahkan rekor umpan dalam satu pertandingan kala Spanyol mengalahkan Irlandia dengan total 133 umpan.

“Kami ingin mencetak sejarah. Kami akan menikmati pertandingan final nanti karena ini adalah final kedua kami. Kami akan menunjukkan pada semua pihak bahwa kami masih tetap lapar akan gelar,” tutur Xavi.

Pemain berusia 32 tahun itu merasa bersyukur karena ia berkembang disaat sepakbola tak lagi mengandalkan kekuatan fisik semata. Xavi juga menilai titik balik permainan Spanyol saat ini adalah berkat Luis Aragones, pelatih La Furia Roja empat tahun lalu.

“Saya merasa beruntung karena beberapa tahun lalu sepakbola cenderung mengandalkan kekuatan fisik, tidak seperti saat ini,” lanjutnya.

“Titik balik permainan Spanyol adalah pada Luis Aragones. Ia berani memakai jasa pemain muda seperti Cesc Fabregas, Andres Iniesta, David Villa, David Silva, dan Santi Cazorla saat itu.”

Sementara Pirlo adalah nyawa lini tengah Italia. Kemampuannya dalam membagi bola tak diragukan lagi dan menjadi warna tersendiri dalam permainan Gli Azzurri.

Ingin bukti kehebatan Pirlo selama Euro 2012 ini? Lihat saja daftar peraih predikat Man of the Match di tiap pertandingan, maka Anda akan melihat Pirlo sebagai kolektor terbanyak dengan tiga kali dinobatkan sebagai yang terbaik.

“Kami memiliki para gelandang berkualitas. Mereka dapat berlari, mengejar bola, dan menciptakan peluang. Selain itu, di posisi tersebut kami memiliki pemain sekelas Andrea Pirlo,” puji Cesare Prandelli.

“Seringkali pemain lain bekerja keras hanya demi memberikan bola pada Andrea. Setelah itu, biarkan ia berkreasi dan mendikte pertandingan.”

Xavi sejauh ini memang telah mengoleksi 455 passing selama Euro 2012, lebih banyak 101 umpan dari Pirlo. Keberadaan keduanya diatas lapangan tentu akan menjadi tontonan menarik tersendiri di pertandingan final nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda