Scroll to Top

Jalan Pintas Menuju Sehat dari Kebiasaan Makan dan Minum

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 01 Jul 2012

sayur dan buah

Sehat itu sebaiknya jangan hanya dijadikan suatu pilihan. Namun, Anda sebaiknya menjadikannya sebagai sebuah kebutuhan untuk bisa menikmati hari dengan lebih baik. Bayangkan saja, saat sakit. berbagai aktivotas mesti Anda tinggalkan hanya untuk beristirahat. Waktu Anda terbuang percuma, dan berbagai kesempatan hilang begitu saja.

Kalau sudah membiasakan diri untuk hidup sehat, orang juga akan terbiasa dengan gaya hidup orang-orang yang ingin sehat. Kebiasaan ini mesti diupayakan agar Anda merasa kehilangan jika sampai lupa dilaksanakan. Ada banyak kebiasaan sehat yang bisa membuat hidup Anda lebih bermanfaat, termasuk dari cara makan dan minum. Dikutip dari Times of India, inilah beberapa kebiasaan sehat dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang  bisa Anda terapkan.

  1. Makan pagi. Sarapan akan mencegah tubuh kelaparan menjelang siang. Akibatnya, tubuh tidak mampu memiliki tenaga cukup karena prose metabolisme terhambat. Pilihlah jenis menu sarapan yang menyehatkan. Misalnya buah, roti gandum, oatmeal, telur rebus, dan sebagainya. Tidak perlu sampai kekenyangan karena bisa membuat Anda mengantuk.
  2. Lima kali sehari makan tepat waktu. Usahakan dalam sepekan ada lima hari yang Anda rutin untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tiga jam makan itu kalau dipenuhi, bisa memberikan asupan energi dan kebutuhan gizi yang konsisten bagi tubuh. Penuhi dengan makanan sehat dan jangan kupa makan serat.
  3. Memasak makanan sendiri. Daripada membeli fast food, sebaiknya Anda memasak sendiri.  Menu restoran pun belum tentu sehat. Makanan yang Anda beli di luar tidak terkontrol dari sisi higienitas. Anda tinggal terima jadi makanan itu. Kalau membuat menu makan sendiri, Anda bisa memasukkan rempah-rempah, sayuran segar, dan bahan sehat lainnya tanpa banyak kekhawatiran tentang kesehatan makanan itu.
  4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan air yang ada di tubuh bermanfaat bagi banyak proses menuju sehat. Misalnya air dibutuhkan darah agar tidak mengental, diperlukan dalam membersihkan ginjal dari endapan, memperbaiki elastisitas kulit, membantu metabolisme, dan sebagainya. Kurang cairan juga bisa meningkatkan stres dan mengurangi konsentrasi. Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air 12-15 gelas sehari. Bisa juga cairan didapat dari teh, kuah sayur, buah, dan sebagainya, Hindari makanan asin dan gorengan agar cairan tidak diserap. Untuk minuman hindari alkohol, soda, dan minuman lain yang memperburuk kondisi kesehatan jika dimunum rutin.
  5. Perbaiki cara makan. Banyak penyakit modern yang diawali dari kebiasaan cara makan yang salah. Orang yang merasa lapar, seringkali makan nasi putih lebih banyak dibanding lauknya. Padahal, nasi putih mudah  berubah menjadi gula darah yang meningkatkan risiko diabetes. Pastinya, seimbangkan asupan kandungan dalam makanan di tubuh Anda. Termasuk pula, jauhi makanan yang bisa meningkatkan kolesterol atau yang berpotensi menyebabkan penyakit dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda