Scroll to Top

Spain vs Italy Euro 2012: Spanyol dan Fernando Torres Catat Sejarah

By Wan Faizal / Published on Monday, 02 Jul 2012

Spanyol Euro 2012

Keberhasilan Spanyol menekuk Italia dengan skor 4-0 di final Euro 2012 membawa mereka mencatat sejarah. Spanyol menjadi negara pertama yang mampu meraih tiga gelar di turnamen mayor secara beruntun. Di pihak pemain, Fernando Torres juga mencatat sejarah sendiri atas namanya.

Sebelumnya, Spanyol menjuarai Euro 2008 yang berlangsung di Austria-Swiss. Saat itu, gol tunggal Torres sudah cukup untuk mengatasi perlawanan Jerman di partai puncak.

Gelar kedua mereka raih di tahun 2010, tepatnya di Piala Dunia Afrika Selatan. Lewat perpanjangan waktu, Spanyol sukses menekuk Belanda 1-0 lewat gol Andres Iniesta.

Dan sejarah tercipta saat empat gol David Silva, Jordi Alba, Torres, dan Juan Mata tak mampu dibalas satupun oleh pemain Italia dalam laga final Euro 2012 di Kiev.

Kesempatan meraih gelar secara back-to-back sebanyak tiga kali tersebut sebelumnya juga dimiliki Jerman Barat dan Prancis. Sayang keduanya gagal di kesempatan ketiga. Jerman Barat yang juara Euro 1972 dan Piala Dunia 1974 gagal di Euro 1976. Sementara Prancis yang juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 kandas di Piala Dunia 2002.

Sementara itu, Torres juga mengukir sejarah sendiri. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Eropa yang mampu mencetak dua gol dalam dua partai final berbeda. Satu gol di laga final tadi membawanya menjadi salah satu top skor Euro 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda