Scroll to Top

Final Euro 2012 Spanyol vs Italia: Menangi Piala Eropa, Duo Spanyol Catat Rekor

By Wan Faizal / Published on Monday, 02 Jul 2012

Mata-Torres

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2012 setelah mengalahkan Italia 4-0 membawa berkah tersendiri bagi para pemainnya. Beberapa diantara mereka langsung mengukir rekor masing-masing selepas wasit Pedro Proenca meniup peluit akhir pertandingan.

Beberapa nama yang juga bermain di final empat tahun lalu menggoreskan nama mereka dalam sejarah dengan bermain di dua partai final Piala Eropa berbeda. Selain itu, Fernando Torres juga mengukir rekor sebagai pemain pertama yang mencetak gol di dua final berbeda.

Dari tim, Spanyol menjadi negara pertama yang sukses meraih hat-trick juara berurutan di turnamen mayor yang mereka ikuti, yakni Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Pelatih Vicente del Bosque mengikuti jejak Helmut Schon yang meraih gelar Piala Eropa dan Piala Dunia bersama negara yang sama.

Masih kurang? Tenang, masih ada lagi rekor yang dicetak oleh dua punggawa Spanyol, yakni Torres dan Juan Mata. Dua pemain Chelsea tersebut mengikuti jejak para pemain terdahulu yang ikut bermain dan sukses mengangkat trofi di final Liga Champions dan Piala Eropa di tahun yang sama.

Sebelum membantu Spanyol meraih trofi ketiga mereka dalam sejarah Piala Eropa, Torres dan Mata juga ikut menjadi bagian dari skuad Chelsea yang menjuarai Liga Champions di bulan Mei silam.

Prestasi seperti itu sebelumnya dicatat oleh Luis Suarez yang juga pemain asal Spanyol. Setelah membantu Real Madrid meraih trofi Liga Champions 1964, ia lalu berandil dalam sukses Spanyol di final Euro 1964 di kandang sendiri.

24 tahun kemudian, empat pemain Belanda mencatat rekor serupa bersama PSV Eindhoven dan Timnas Belanda. Keempat pemain tersebut adalah Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Barry van Aerle, dan Gerald Vanenburg.

Baik Torres maupun Mata memiliki kesamaan dalam partai final di Kiev tadi. Mereka sama-sama masuk sebagai pemain pengganti dan juga menjadi pencetak gol ketiga dan keempat Spanyol di laga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda